Iklan Halaman Depan

Thursday, March 24, 2022

Aneka Jenis dan Tipe Colokan serta Stop Kontak

Bentuk Fisik Colokan maupun Stop Kontak Tipe “O” serta Wilayah Pengguna

Colokan? Stop Kontak? Tentu hal tersebut merupakan hal yang tak asing di kehidupan kita. Terlebih zaman sekarang ini, dalam kehidupan sekarang tidak akan terlepas dengan yang namanya listrik. Plug dan socket listrik ataupun di bahasa sehari-hari yang dikenal dengan istilah colokan serta stop kontak mulanya diciptakan Harvey Hubbel kemudian dipatenkan di tahun 1904. Karya Hubbel ini telah menjadi rujukan para pembuatan plug dan soket sesudahnya serta di tahun 1915 para penggunanya yang semakin banyak. Berbagai jenis inovasi terkait pengembangan colokan serta stop kontak yang ada di beberapa negara telah menyebabkan kita sekarang ini bisa menemukan banyak jenis colokan yang ada di pasaran. Sesudah kita membahas terkait colokan jenis N yang mempunyai tiga bilah koneksi berbentuk lingkaran serta membentuk segitiga. Kemudian bagaimana dengan kondisi tipe O yang telah menjadi tipe lainnya serta mempunyai tiga bilah yang berbentuk seperti lingkaran akan tetapi mempunyai dasar yang berbentuk bulat? Lihat penjelasan di bawah ini.



Bentuk Fisik
Colokan seperti ini adalah jenis yang sangat banyak dipakai dengan cara eksklusif di negara Thailand. Colokan tipe O ini apabila dilihat di gambar yang ada di atas, maka mempunyai hal serupa dengan colokan jenis H, yakni konektor yang memiliki bentuk lingkaran yang menjadi dasarnya, serta konektornya juga  memiliki bentuk lingkaran yang membentuk segitiga. Namun, yang dapat membedakan pemakaian tipe O serta tipe H yaitu bentuk dari tiga garpu/koneksi. Tipe O yang membentuk segitiga ke arah atas. Namun untuk tipe H akan membentuk segitiga ke arah bawah. Colokan dan Stop Kontak untuk tipe O adalah colokan standar yang resmi dipakai di negara Thailand dengan kekuatan sebesar 16 Ampere. Sistem ini dirancang di tahun 2006, akan tetapi pemakaiannnya masih belum tersebar menyeluruh, sehingga untuk penyebaran  di negara Thailand sedang disebarkan dengan cara bertahap. Standar tipe O yang ditetapkan memiliki seri TIS 155 – 2549.



Untuk tipe O, dengan penampilan fisik apabila kita lihat secara detail ada dua pin yang memiliki kekuatan serta satu pin dasar bulat, mempunyai diameter lingkaran sebesar 4,8 mm. Pada pin yang memiliki kekuatan, mempunyai ukuran panjang konektornya yaitu 19 mm. Antara satu koneksi/pin ke konektor lainnya akan terpisah berjarak 19 mm serta di bagian lengan konektor/pin itu memiliki isolasi 10 mm. Sedangkan pin dasar/bumi, mempunyai ukuran panjang yaitu 21,4 mm. Antara satu koneksi/pin ke konektor lain terpisah berjarak yaitu 11,9 mm, hal ini sama dengan jarak untuk tipe B. Kesamaan seperti ini bukan lagi suatu kebetulan, karena untuk versi awal soket seperti ini memang pada awalnya dirancang untuk dapat mengakomodasi jenis dari steker bertipe A, B, C, dan O.

Sedangkan untuk bentuk outlet ataupun stop kontaknya yaitu sebagai berikut :


Gambar yang ada di atas adalah bentuk stop kontak tipe O. Rencananya untuk jangka panjang, maka kompabilitas untuk colokan tipe O dan jenis colokan Amerika akan dihapus. Hal ini karena jaringan listrik yang ada di negara Thailand telah beroperasi di 230 V. Walaupun colokan Amerika maupun Thailand terlihat sangat mirip, akan tetapi untuk tipe O tidak sesuai dengan colokan tipe H yang ada di negara Israel ataupun tipe K di Denmark. Akan tetapi, terdapat kompabilitas yang paling tidak aman yakni antara tipe O maupun tipe E dan tipe F, yang dimana untuk Pemerintah Thailand telah melarang penjualan terkait peralatan tipe O yang telah dilengkapi dengan peralatan tipe E maupun tipe F. Saat tipe E maupun tipe F dipakai di negara Thailand, maka untuk soket yang ada tidak sesuai dengan tipe O yang ada di negara Thailand. Sehingga untuk hal tersebut bisa menyebabkan tubuh anda terkena sengatan listrik. Seharusnya, Pemerintah negara Thailand menstandarisasikan di tipe N yang dimana tipe seperti ini adalah tipe yang sangat aman serta kompatibel ke tipe C, F ataupun E. Selain itu, Pemerintah negara Thailand dapat mengadopsi tipe N yang kemungkinan dapat untuk masa transisi dari tipe B maupun tipe N.

Negara Pemakai Stop Kontak serta Colokan Tipe O
Tipe untuk colokan dan stop kontak type O adalah tipe perangkat instalasi listrik yang sangat banyak tersebar serta dipakai secara eksklusif di berbagai daerah yang ada di negara Thailand. Terlebih, negara ini sudah menetapkan standar negaranya sendiri yang ada, sehingga apabila anda melakukan kunjungan ke negara Thailand, maka anda akan menjumpai colokan maupun stop kontak dengan tipe O di semua hotel, rumah, tempat makan, dan lain-lain.

Simbol
Simbol grafis seperti ini merupakan standar yang dipakai di gambar arsitektur maupun single line diagram untuk dapat mewakili soket. Standar dari symbol ini dipakai untuk dapat memberikan presepsi sama antara para pembaca maupun penulis atau desainer.


Soket listrik umum


Multi Soket


Soket untuk telekomunikasi


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya