Iklan Halaman Depan

Wednesday, March 9, 2022

Cara Mengecilkan Ukuran (Kompres) Video di Laptop dan PC

File video yang ukurannya besar kadang-kadang sangat menyulitkan kita untuk melakukan penyimpanan ataupun melakukan upload file ke media sosial. Seperti Facebook video, YouTube, atau lainnya. Apabila kecepatan upload data internet kita dengan tinggi dan stabil, maka hal tersebut tentunya bukan suatu hal yang masalah. Aakn tetapi sebagian besar untuk kecepatan upload data internet yang ada di Indonesia masih termasuk dalam kategori lambat. Hal seperti inilah yang dialami sekarang ini. Sesudah membuat serta melakukan editing video untuk halaman YouTube berdurasi sekitar 1 jam maka hasilnya mencapai 3.5GB.

Buat saya untuk ukuran 3.5GB maka cukup besar apabila diupload ke media YouTube dengan cara langsung. Karena saya hanya akan memakai IndiHome dengan kapasitas 20Mbps. Kecepatan upload yang diperoleh hanya sekitar 4Mbps. Jadi mungkin apabila hal ini dipaksakan untuk melakukan upload dengan cara langsung, maka akan memerlukan waktu sekitar 2 jam lebih. Dengan syarat untuk koneksi internet harus sangat lancar dan stabil. Solusi yang terlintas dalam pikiran yaitu mengecilkan kapasitas ukuran file video dengan cara melakukan kompres tanpa harus mengurangi kualitas dari video serta tetap mempertahankan kondisi dari ukuran resolusi yang awal yaitu 1080p HD.

Sesudah mencoba banyak software, maka aplikasi untuk kompres video yang bisa direkomendasikan yaitu Handbrake. Aplikasi seperti ini yakni software open source yang bisa dipakai gratis serta mempunyai ukuran yang kecil yakni 15 MB.

Dengan Handbrake dapat dikompres untuk video mp4 dengan hasil perekam tampilan layar laptop yang memiliki durasi sekitar 1 jam yang berukuran 3.5 GB jadi 843 MB. Durasi video yang akan dihasilkan pun masih sama yaitu 1 jam yang berkualitas baik. Selain video MP4, maka saya pun mencobanya untuk video AVI yang berukuran 40.7 GB. Hasilnya adalah video yang berformat AVI itu bisa diperkecil jadi 347 MB. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa untuk video AVI itu yaitu hasil After Effects yang tentunya masih lossless. Artinya masih termasuk ke dalam kategori mentah maupun belum bisa dioptimasi.


Bagaimana caranya? Untuk dapat mengecilkan kapasitas ukuran dari video tanpa harus mengurangi kualitas maupun resolusinya, maka kita mesti mengatur konfigurasi yang sangat optimal di Handbrake.

Berikut ini yaitu cara untuk kompres/mengecilkan dari ukuran video yang ada di laptop maupun PC tanpa harus mengurangi kualitas Handbrake.

Buka aplikasi Handbrake. Apabila belum memilikinya, maka download terlebih dahulu di halaman situs resminya yaitu handbrake.fr. Lalu install di PC ataupun laptop.

Buka file video yang akan dikompres dengan melakukan klik File, kemudian pilihlah file video anda kemudian klik Open.

Pilihlah Format yang sesuai output yang dihendaki di menu tab Sumary. Contohnya di tutorial ini kita akan memperoleh hasilnya yaitu format MP4 misalnya file awal.

Klik tab Dimensions kemudian atur Size (Width maupun Height) sesuaikan dengan ukuran lebar maupun tinggi output dari video yang diinginkan. Kemudian pada Cropping maka pilihlah Automatic.

Ini memiliki fungsi untuk dapat mengatur untuk ukuran resolusi dari video kita. Di sini, maka saya biarkan untuk resolusi yang sama dengan file awal. Hal ini karena tidak ingin melakukan perubahan dari kualitas resolusinya yakni 1920×1080 ataupun umumnya disebut 1080p. Klik di tab Video lalu di Video Codec maka pilihlah H.264 (x264). Kemudian di Framerate (FPS), maka atur ke 25 lalu pilihlah Peak Framerate. Pada Quality, maka pilihlah Constant Quality kemudian atur ke 30. Lalu di Encoder Preset maka aturlah ke Medium.

Klik di menu tab Audio kemudian di pengaturan Bitrate maka pilihlah 128.

Ubah nama output untuk file di kolom Save As dan sesuaikanlah dengan keinginan kemudian segera memulai proses kompres video kemudian klik Start Encode.


Lama Waktu Proses
Untuk laptop yang memiliki processor Intel Core i5 dengan gen 8 yang memiliki ram 16GB, maka untuk proses kompres video MP4 yang memiliki durasi sekitar 1 jam berukuran 3.5GB seperti di atas akan selesai dengan waktu sekitar 34 menit. Sedangkan untuk video AVI yang memiliki durasi 5 menit berukuran sekitar 40GB dapat diselesaikan dengan waktu sekitar 4 menit. Jadi, lama waktu yang akan proses akan tergantung dengan durasi video. Selain itu, kemampuan dari CPU serta RAM kita pun akan mempengaruhi kondisi lama waktu proses.

Ukuran dan Kualitas dari Hasil Kompres Video
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa untuk konfigurasi seperti yang dijelaskan, maka Video MP4 memiliki durasi sektiar 1 jam yang memiliki ukuran 3.5GB telah berhasil diperkecil jadi berukuran 843MB. Dengan ukuran file yang termasuk jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan file aslinya, maka gambar video yang telah dihasilkan pun masih termasuk kategori jernih. Saya tidak merasa terdapat perbedaan yang sangat mencolok ketika memutar file asli maupun file kompres.

Akan tetapi apabila kita lihat di mediainfo untuk masing-masing video terdapat perbedaan yang sangat kelihatan yaitu di bitrate. Bitrate file asli yaitu 7995 kb/s atau dapat dikatakan 8 Mbps. Sedangkan untuk file hasil kompres yaitu 1818 kb/s ataupun hampir 2mbps. Secara teori memang untuk memperkecil dari bitrate video akan dapat memperkecil ukuran dari video.

Apakah kita bisa melakukan kompres lagi untuk ukuran filenya?

Jawaban singkatnya yaitu bisa.

Apabila kita merasa kondisi kualitas video dari hasil proses yang sebelumnya masih paling baik ketika diputar di pemutar video pc serta menginginkan untuk dapat memperkecil ukuran video kembali, maka kita masih dapat melakukan kompres yang lebih dari ukuran tersebut dengan cara mengatur Constant Quality. Pada konfigurasinya, maka kita akan mengaturnya di 30. Untuk dapat mengecilkan kembali ke ukuran videonya maka kita perlu menaikkan Constant Quality ke 32 ataupun 35.

Semakin tinggi nilai dari Constant Quality maka hasil dari video akan memiliki ukuran yang semakin kecil akan tetapi untuk kualitasnya juga tidak akan lebih baik.

Kemudian bagaimanakah dengan pengaturan Filter? Filter yang terkadang dapat menghasilkan file yang berukuran kecil. Tapi terkadang pun akan menghasilkan file yang ukurannya menjadi lebih besar ini akan tergantung dengan video yang diproses. Akan tetapi yang pasti, untuk proses dengan cara mengaktifkan filter akan dapat memperlambat waktu dari pemrosesan.

Nah, itulah sedikit terkait cara untuk melakukan kompres video dengan cara Handbrake. Sekarang ini sangat banyak aplikasi lain yang dapat dicoba akan tetapi saya lebih menyukai aplikasi ini karena lisensinya gratis, open source serta masih terus dikembangkan. Selain aplikasi, maka sekarang juga sangat banyak berkembang jenis website yang telah menyediakan fitur untuk kompres video secara online. Namun apabila video kita berukuran giga bagaimana kita dapat menguploadnya?

Sesungguhnya kita pun dapat memakai beberapa aplikasi edit video yang ada di PC untuk dapat melakukan kompres ukuran dari video. Akan tetapi, HandBrake akan jauh lebih ringan serta sangat sesuai untuk keperluan kita. 

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya