Iklan Halaman Depan

Thursday, February 3, 2022

Koleksi Aneka Website Paling Populer Menurut Kategori Fungsi, Intip Yuk?

Tak banyak orang yang menyadari bahwa untuk membuat suatu website, maka anda harus mengetahui aneka jenis website yang tentunya berbeda dengan kondisi kebutuhan yang berbeda juga.

Perbedaan dari aneka jenis website seperti ini umumnya akan diikuti dengan bentuk desain yang akan disesuaikan untuk tujuan pemakaiannya di dunia internet.

Mulai dengna bentuk layout, untuk ketersediaan fitur dari pendukung, bahkan unsur multimedia yang dapat serta sesuai agar dapat disematkan di website tersebut.

Hal seperti ini, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi efektivitas dari website untuk membangun suatu bisnis dengan cara online terbaik.



Maka dari itu, anda sebagai seorang calon pemilik suatu website harus sangat familiar terkait masing-masing dari perbedaan yakni diantara dari jenis website telah ada di internet.

Motivasi tersebut yang telah dirangkum ke dalam beberapa aneka jenis website paling populer ataupun website yang sangat banyak ditemukan di dunia internet.

Walaupun terdapat beberapa jenis dari situs yang sudah tumpang tindih, namun akan secara umum untuk setiap website mempunyai tujuan yang harus diraih serta serangkaian praktik yang terbaik darinya sendiri. Silakan scroll dan dibaca artikel pada halaman ini hingga selesai, ya!

Jenis-Jenis dari Website dengan Contoh Terbaiknya ada beberapa aneka website yang telah dikelompokkan menurut fungsi di dunia internet.

Bisnis atau Website Perusahaan
Telah menjadi kebiasaan yang baru, saat ini semua pelaku bisnis, apakah hal tersebut bisnis besar ataupun bisnis kecil, maka harus mempunyai website.

Website bisnis yaitu salah satu dari banyak jenis website yang telah ditujukan sebagai perwakilan keberadaan dari bisnis tertentu.

Website bisnis milik dari suatu perusahaan bisa sebagai media komunikasi untuk pengenalan dari jenis produk dan/atau pelayanan bisnis yang dimiliki untuk khalayak luas.

Website bisnis dibuat sebagai bagian dari bentuk keprofesionalan serta transparansi bisnis dengan cara online. Maka dengan demikian, untuk pelanggan dapat mencari berbagai informasi terkait perusahaan yang ada di internet.


E-Commerce
Mungkin secara tidak sadar anda pernah memakai beberapa jenis website e-commerce saat kunjungan belanja online.

Ya, website e-commerce yakni satu dari beberapa jenis website yang paling populer dimana anda maupun pengguna internet lain dapat membeli produk pada suatu brand tanpa harus mengunjungi toko fisiknya.

Umumnya website yang sudah masuk dalam kategori seperti ini akan menyertakan suatu fitur yaitu keranjang belanja, memberikan informasi, katalog produk, panduan pembayaran memakai beberapa metode pembayaran tertentu.

Dengan kata lain untuk website ecommerce tentunya termasuk situs transaksional yang akan melibatkan suatu sistem (yakni pemilik toko online) dengan para pembelinya.

Misalnya seperti website toko online milik dari suatu brand lokal misalnya Oclo ini. Seperti yang dapat anda lihat, maka brand Oclo akan menjual banyak jenis produk fashion maupun aksesoris wanita.

Lewat halaman berandanya, maka anda telah dapat melihat beberapa fitur yang khas dari e-commerce yang ditampilkan secara sederhana dan ringkas.

Untuk dapat meningkatkan kepercayaan dari brand ke para konsumen, maka Oclo telah menambahkan suatu fitur “Lacak Pesanan” sebagai suatu bentuk dari pelayanan yang maksimal dari toko terkait berbagai jenis produk yang telah dibeli oleh pelanggan.

Selain itu, brand lokal seperti ini telah menyediakan menu untuk panduan yang dapat pelanggan baca seputar terkait sistem dari transaksi belanja online di Oclo.

Sangat terlihat dengna jelas bahwa transparansi untuk bisnis dengan para pelanggan yakni kunci dari kesuksesan Oclo.


Personal atau Pribadi
Tak semua jenis website yang dibuat agar memperoleh uang ataupun profit lewat cara-cara yang tertentu.

Anda dapat membuat website pribadi ataupun personal yang memiliki tujuan untuk media agar dapat bantu dalam mengungkapkan opini maupun pemikiran anda sendiri ke halaman dunia luar dengan cara online.

Jika diibaratkan, maka jenis dari website seperti ini seperti halnya buku diary yang telah menceritakan banyak hal yang ada di dalam hidup seorang dalam pembuat website halaman pribadi.

Seperti halnya dengan website milik dari wanita yang berasal dari New York memiliki nama Laura Baross. Laura telah mengonlinekan untuk “buku diarynya” dengan jenis tampilan yang sederhana akan tetapi terlihat sangat elegan seperti dirinya.

Di sisi lainnya sebagai seorang bagian desainer interior, maka Laura telah mengembangkan website dari personalnya menjadi yang lebih memiliki profit dengan cara terlibat dengan beberapa portal halaman informasi besar misalnya Forbes, Medium, Domino, maupun MindBodyGreen.

Ia pun tidak lupa melakukan berbagai personal branding dengan cara mencantumkan file image link ke halaman akun Instagramnya.

Kadangkala website personal dapat berkembang jadi berbagai jenis website yang memiliki profit ataupun yang menghasilkan uang jika nama website telah terkenal oleh dunia internet.

Kepopuleran nama website umumnya akan dipengaruhi oleh cara penggunaan dari nama domain yang sangat baik serta mencerminkan profesionalitasnya.

Maka dari itu, anda harus beli domain yang murah di Indonesia supaya visibilitas dari website personal anda menjadi lebih optimal di halaman internet.


Portofolio
Website portofolio yaitu suatu bentuk dengan tampilan yang lebih dinamis dari bentuk dokumen portofolio yang ada. Hal ini ditujukan sebagai suatu resume terkait riwayat pekerjaan yang sebelumnya.

Siapa saja dapat membuat kondisi website portofolio, kemungkinan karena kemauan untuk menunjukkan kualitas yang ada di dalam diri maupun pekerjaan terhadap calon klien ataupun hanya sekedar untuk membuat dokumentasi terkait pengalaman bekerja.

Jenis website seperti ini sangat banyak dibuat oleh para creative professional maupun freelancer yang telah dipekerjakan menurut hard skill.

Misalnya penulis, seniman, pembuat furniture, desainer, pembuat film, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh yang ada pada beberapa jenis website portofolio paling baik yang kemungkinan dapat menjadi inspirasi yang datang lewat portofolio desainer yang bernama Gautier Maillard.

Website portofolionya akan memadukan terkait unsur kreativitas maupun highlight project yang terbaik secara sempurna.

Desainnya yang terjadi begitu modern dengan cara sentuhan dari animasi scrolling sangat menarik untuk membuat siapa saja calon klien akan dapat menjadi lebih terkesan kondisi karya-karya Gautier saat pandangan pertama.

Komposisi yang terjadi antara deskripsi dengan kondisi gambar karya yang tergolong baik maupun disajikan dengan cara menyeluruh.


Edukasi
Seperti dengan namanya, website edukasi akan merujuk terhadap jenis-jenis dari website lembaga pendidikan ataupun seperti situs kursus online.

Tujuannya juga sangat spesifik menuju satu arah yakni agar dapat menyediakan banyak jenis serta bentuk dengan materi pendidikan ke pengunjung.

Di sisi lain, maka jenis website seperti ini pun bermanfaat untuk pemberian informasi secara lengkap terkait lembaga pendidikan ataupun dari situs kursus terhadap para pengunjung.

Coursera yaitu contoh website edukasi yang sangat hebat sebagai bentuk platform pendidikan maupun pembelajaran online yang telah beroperasi sejak 2012.

Label website kursus secara online yang sudah bekerja sama dengan berbagai universitas maupun perusahaan yang terbaik dunia dan membuat Coursera jadi pilihan yang sangat baik untuk para pelajar yang sangat ingin untuk mempelajari berbagai materi spesialisasi dan perencanaan karir melalui para ahlinya.

Lewat desain halaman utama yang sangat sederhana, maka anda telah bisa memperoleh banyak informasi yang sangat penting terkait Coursera.


Blog
Secara garis besar, maka jenis website blog dipakai hanya akan sebatas untuk dapat menampilkan artikel, foto, maupun video yang akan diperbarui dengan cara rutin.

Website blog pun tidak dipungkiri mampu membuat para konten pribadi dengan cara casual misalnya website personal. Meskipun begitu terhadap beberapa brand maupun bisnis besar untuk membuat blognya sendiri.

Baik anda sebagai pemilik perusahaan besar ataupun kecil yang menginginkan untuk mengonlinekan memakai salah satu dari berbagai jenis website seperti ini, pastikan mempunyai anggota tim dan juga strategi terbaik agar dapat menjaga kualitas dari konten blog tetap menjadi terdepan.

Contoh website blog yang terbaik mungkin dapat anda lihat dari halaman website yang bernama Nourish Eats ini.

Sang pengembang website yang membuat segala bagian dari website tersebut terlihat sangat sederhana dengan fokus terhadap berbagai konten yang ada.

Tidak seperti kebanyakan dari website, Nourish Eats kelihatan sangat menarik dengan cara mengintegrasikan fungsi dari scrolling yang telah bergerak dengan cara horizontal ataupun ke samping.

Tidak hanya itu saja isi konten maupun pemakaian gambarnya pun kelihatan segar serta eye catching.


Entertainment atau Hiburan
Internet maupun website akan sangat bermanfaat sebagai perannya menjadi platform untuk berbagi sekaligus untuk mencari konten hiburan.

Dan anda dapat memperoleh dengan cara mengakses berbagai jenis website humor ataupun halaman entertainment misalnya xkcd untuk website komik, The Onion, atau Buzzfeed untuk bahan konten yang sangat menarik lainnya.

Sebagian besar berbagai jenis dari website seperti ini memang telah ditujukan untuk dapat menghasilkan suatu keuntungan misalnya website bisnis maupun e-commerce.

Tapi bukan lewat penjualan produk ataupun layanan, melainkan lewat pemasangan iklan yang tampil di beberapa websitenya.

Apabila anda telah berencana untuk membuat website hiburan seperti ini, maka anda dapat membuat video secara informatif yang dikemas dengan cara yang lucu, dengan menulis postingan pada blog yang sangat menghibur, ataupun dapat membuat komik maupun kuis interaktif yang sangat menyenangkan.

Dengan demikian anda akan memiliki traffic situs yang sangat stabil bahkan dapat meningkat untuk setiap harinya.


Media Sosial
Sebelum menjadi sebuah aplikasi, maka platform media sosial yang berawal dari suatu website yang telah menjadi awal dari konektivitas antar kondisi manusia yang berjauhan.

Fungsionalitas jenis website seperti media sosial telah terbukti dengan terdapat 3 miliar orang memakai media sosial dengan kondisi puluhan platform yang sangat berbeda.

Setiap orang dapat mempunyai satu ataupun beberapa akun pada platform media sosial yang sangat berbeda, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, bahkan LinkedIn.

Website media sosial akan membuat anda mempunyai kendali pengaturan dengan tampilan halaman pada media sosial dan membuat konten yang akan mendorong untuk social media shares.

Dari berbagai jenis website media sosial yang beroperasi sampai sekarang ini, maka halaman Facebook dengan brand makanan Nutella dapat menjadi inspirasi yang paling baik.

Anda akan melihat tampilan dari halaman dasbor Facebook yang telah memadupadankan terhadap konten menarik dengan berbagai kombinasi warna maupun tampilan brand yang sangat ceria.

Mereka akan melengkapi fungsionalitas website pada media sosialnya dengan cara pembuatan konten video maupun gagasan ide untuk memakai produk mereka.


Majalah atau Berita
Hampir mirip dengan tampilan blog, maka jenis website majalah pun akan menampilkan banyak kumpulan artikel foto maupun video yang tentunya lebih informatif serta mendidik.

Yap, tercermin dengan namanya, website seperti ini memang telah menjadi platform yang akan menyerupai mirip majalah untuk dapat menampilkan banyak informasi yang sangat spesifik terhadap satu instansi, misalnya seperti universitas ataupun organisasi.

Walaupun tidak banyak orang yang mengetahui, di sisi luaran sana terdapat banyak berbagai jenis website dari majalah yang dapat anda akses. Antara lain salah satunya yaitu Urban Omnibus.

Berfokus terhadap tema arsitektur maupun pembangunan lingkungan di perkotaan, maka Urban Omnibus telah menyajikan banyak jenis konten artikel buat sekelompok organisasi tanpa berpihak pada perspektif pribadi.

Tak hanya berpaku untuk menjadi website nonprofit, Urban Omnibus menyediakan fitur subscription bagi pembacanya yang ingin mendapatkan informasi terupdate tentang lingkungan.

Jenis website ini menjadi cara hebat untuk sekelompok orang menyediakan platform opini tentang suatu bidang yang menarik untuk diikuti perkembangannya.

Jadi, Sudah Tahu Akan Membuat Jenis Website yang Mana?
Itulah beberapa penjelasan kami tentang jenis-jenis website yang bisa menjadi dasar pertimbangan mana praktik website terbaik untuk calon website kamu.

Apapun jenis website yang akan kamu buat, penting untuk mempertimbangkan tujuan yang ingin kamu capai dari website tersebut.

Tentu saja salah satu hal yang tak boleh terlupakan, baik sebelum atau selama membuat website adalah penggunaan web hosting.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya