Iklan Halaman Depan

Wednesday, February 23, 2022

Cara Mengetahui IP Address Laptop maupun Komputer dan Panduannya

Saat perangkat terhubung ke sistem jaringan secara LAN (Jaringan Local) ataupun internet, maka komputer tentunya mempunyai suatu IP address. IP tersebut dapat diperoleh dengan cara otomatis melalui router/server ataupun dengan cara manual lewat konfigurasi yang dilakukan. Fungsi dari IP address sangat penting yakni untuk suatu alamat di setiap perangkat yang sedang tersambung ke sistem jaringan.

Hampir seluruh hal yang telah berhubungan dengan sistem jaringan di komputer tentunya membutuhkan IP address. Misalnya untuk melakukan konfigurasi aplikasi memakai sistem jaringan, maka memberi akses ke perangkat komputer lewat jaringan, atau mengganti password WiFi ataupun bahkan bertujuan memeriksa serta untuk memecahkan masalah terkait koneksi yang telah terjadi di perangkat komputer lainnya. Oleh sebab itu, maka harus mengetahui terkait ip address komputer maupun laptop yang dipakai untuk langkah awal dalam melakukan berbagai hal tersebut.

Untuk dapat mengetahui IP address yang ada di perangkat komputer, maka laptop ataupun PC yang memakai system operasi pada sistem Windows bisa dilakukan lewat Control Panel maupun CMD. Sedangkan untuk para pengguna macOS dapat lewat System Preferences ataupun Terminal. Dan untuk para pengguna Linux dapat memanfaatkan bantuan CLI. Semua langkah tersebut yakni cara paling mudah tanpa harus melakukan install aplikasi tambahan.


Sistem Operasi Windows
Apabila kita memakai sistem Windows maka untuk versi Windows XP, 7, 8 ataupun 10 dapat dilihat IP address lewat control panel maupun CMD.

Melalui Control Panel
Berikut ini merupakan cara untuk melihat IP address pada komputer maupun laptop yang memakai sistem Windows 10 lewat Control Panel.

Klik menu Start kemudian ketik Control Panel. Lalu klik di Control Panel App.

Sesudah jendela Control Panel terbuka, maka klik pada Network and Internet. Kemudian, klik pada Network and Sharing Center. Sesudah itu, maka klik di Change adapter settings.

  • Klik kanan di perangkat jaringan yang akan dilihat IP addressnya. Lalu pilih Status.
  • Apabila ingin mengetahui IP address perangkat komputer yang telah terkoneksi lewat kabel LAN umumnya perangkat tersebut dengan nama Ethernet. Sedangkan apabila ingin mengetahui IP address yang telah tersambung lewat WiFi umumnya perangkat itu memiliki nama Wi-Fi ataupun Wireless.
  • Di jendela Status, maka klik tombol Details.
  • Lihat IP address di bagian IPv4 Address.




  • Memakai CMD
    Berikut yaitu cara untuk mengetahui IP address komputer ataupun laptop di sistem Windows menggunakan CMD.

    1. Tekanlah tombol pada keyboard Windows + tombol R dengan cara bersamaan di keyboard agar dapat menampilkan tampilan menu Run.
    2. Ketik cmd lalu tekan Enter.
    3. Sesudah layar CMD muncul, maka ketiklah ipconfig kemudian tekan Enter.
    4. Seluruh informasi IP address yang ada di laptop ataupun komputer akan ditunjukkan. Umumnya untuk beberapa jenis IP yang ada di sana karena komputer mempunyai perangkat jaringan yang lebih dari 1.
    5. Untuk perangkat komputer ataupun laptop yang telah tersambung ke sistem jaringan lewat kabel LAN dapat diketahui di Ethernet adapter Ethernet. Sedangkan yang telah tersambung lewat jaringan Wi-Fi dapat dilihat di Wireless LAN adapter Wi-Fi.
    6. Informasi IP ada di bagian IPv4 Address.




    Sistem Operasi macOS
    Untuk perangkat komputer Apple ataupun macbook yang menggunakan sistem operasi macOS bisa dilihat dengan memeriksa IP lewat System Preferences.

    Melalui System Preferences
    Berikut ini merupakan cara untuk melihat IP address di komputer Apple ataupun macbook memakai System Preferences.
    1. Klik di ikon Apple kemudian pilihlah System Preferences.
    2. Sesudah jendela System Preferences muncul tampilannya, maka klik Network. Maka untuk jendela network akan muncul.
    3. Pilihlah perangkat di jaringan yang akan dilihat IP addressnya. Apabila telah terkoneksi lewat kabel LAN umumnya memiliki nama Ethernet. Apabila terkoneksi lewat Wi-Fi umumnya memiliki nama Wi-Fi.
    4. Lihatlah IP komputer di bagian IP Address.


    Menggunakan Terminal
    Berikut ini adalah cara untuk memeriksa IP address pada macbook ataupun komputer Apple lewat Terminal.
    1. Bukalah Terminal dengan melakukan klik Terminal di Dock bar.
    2. Sesudah Terminal terbuka, maka ketiklah ifconfig. Maka akan muncul tampilan informasi dari perangkat sistem jaringan yang terdapat di komputer.
    3. Cari perangkat berawalan en seperti en0, en1 atau seterusnya. Umumnya en0 akan menunjukkan IP yang telah terkoneksi lewat kabel LAN sedangkan untuk en1 telah terkoneksi lewat Wi-Fi.
    4. Informasi IP terdapat pada bagian inet.

    Sistem Operasi Linux
    Untuk keluarga Linux OS misalnya Ubuntu, Debian, RedHat, Mint, atau lainnya bisa memakai Command line interface (CLI). Berikut ini caranya:
    1. Buka Terminal.
    2. Ketik ifconfig. Maka akan muncul seluruh perangkat di jaringan dan informasi dasarnya.
    3. Cari perangkat yang akan dilihat IPnya. Apabila telah tersambungkan ke sistem jaringan lewat kabel, umumnya perangkat akan memiliki nama eth0, eth1, eth2 atau seterusnya. Apabila tersambung lewat Wi-Fi maka bernama wlan0, wlan1 atau seterusnya.
    4. Lihat IP di bagian inet addr.

    Nah, beberapa cara di atas yaitu cara agar dapat mengetahui IP yang memiliki jenis lokal/privat.

    Sebagai tambahan informasi, karena hal ini paling penting. Terdapat 2 jenis IP yakni IP lokal (yakni dikenal pula dengan ip rahasia) maupun IP publik. IP rahasia/privat yakni IP yang dipakai di sistem jaringan lokal saja. Sedangkan IP publik yakni IP yang dipakai untuk dapat menghubungkan perangkat misalnya server ataupun router ke internet.

    Apabila kita tidak tersambung ke jaringan internet, maka kita hanya mempunyai IP privat. Sedangkan apabila kita telah tersambung ke sistem internet maka akan mempunyai 2 jenis IP itu sekaligus.

    Mengapa mempunyai 2 jenis IP sekaligus?

    Ketika sudah terkoneksi ke jaringan internet, maka provider internet misalnya Telkom, XL, Firstmedia, atau lainnya akan memakai IP privat untuk dapat mengkoneksikan ke perangkat misalnya komputer, laptop atau lainnya ke sistem router. Oleh sebab itu IP di perangkat komputer apabila diperiksa misalnya cara seperti di atas akan terlihat seperti 192.168.x.x. Sedangkan ketika dicoba memakai speedtest.net akan terlihat bahwa IP akan berbeda dengan kondisi IP privat itu. IP yang muncul di speedtest.net itu yang dikenal dengan IP publik.

    Untuk memeriksa ip publik yang sedang dipakai dapat memakai layaran di banyak website. Salah satunya adalah speedtest. Bahkan hanya dengan cara mengetik IP address di halaman Google akan muncul IP publik kita.

    BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

    Halaman Berikutnya