Iklan Halaman Depan

Sunday, February 6, 2022

Cara Install Ulang Windows 8/8.1 Khusus Pemula (Panduan Bergambar)

Windows 8 merupakan OS yang telah dirilis Microsoft pada tahun 2012 serta memperoleh update di tahun 2013 dengan kondisi meluncurnya sistem operasi Windows 8.1. Telah 8 tahun untuk sistem operasi ini telah menjadi teman buat para penggunanya. Akan tetapi kepopulerannya pun masih sangat kalah pamor jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows 10 yang termasuk penerus dari OS ini.



Cara install sistem operasi windows 8/8.1 di perangkat laptop ataupun PC bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, dengan memakai bantuan flashdisk. Kedua, dengan memakai bantuan CD ataupun DVD windows. Sesungguhnya langkah-langkahnya pun hampir sama persis dengan ketika kita melakukan install sistem operasi Windows 10. Di tutorial ini maka akan dijelaskan 2 langkah tersebut.

Akan tetapi sebelum dimulai ke tahap berikutnya, di bawah ini adalah spesifikasi minimum untuk hardware yang dibutuhkan agar dapat melakukan install sistem operasi windows 8/8.1, yaitu:
- Processor: ≥ 1 GHz.
- Ram: ≥ 1 GB untuk 32-bit serta ≥ 2 GB untuk 64-bit.
- Harddisk: ≥ 16 GB untuk 32-bit serta ≥ 20 GB untuk 64-bit.


Berikut ini merupakan cara untuk install sistem operasi Windows 8/8.1 dengan bantuan flashdisk maupun DVD:

1. Membuat Bootable Sistem Operasi Windows 8/8.1 pada perangkat Flashdisk (Apabila memakai flashdisk).
Untuk membuat sistem bootable untuk windows 8/8.1 pada perangkat flashdisk, maka dapat memakai aplikasi rufus. Berikut ini langkah yang singkat:
1. Buka aplikasi rufus, apabila tidak memiliknya silahkan download disini.
2. Tancapkan flashdisk pada laptop ataupun komputer.
3. Pada Device, pilihlah flashdisk anda kemudian untuk Boot selection maka klik Select kemudian pilihlah ISO Windows 8/8.1 yang ingin yang diinstall.
4. Untuk Image Option pilihlah Standart Windows Installation. Untuk Partition scheme maka pilihlah GPT maupun untuk Target system pilihlah UEFI.
5. Isilah Volume label yang sesuai dengan keinginan dengan nama flashdisk anda.
6. Untuk File system maka pilihlah FAT32.
7. Lalu klik Start.

Flashdisk akan diformat ulang lalu akan dibuat untuk bootable windows. Tunggulah sampai proses selesai. Untuk dapat memahami yang lebih dalam terkait bootable windows maka silahkan disimak cara untuk membuat sistem bootable flashdisk.


2. Ubah Prioritas Boot pada BIOS
Untuk dapat mengubah sistem boot priority, maka harus masuk terlebih dahulu ke sistem BIOS.
a. Restart laptop ataupun komputer anda kemudian masuk ke sistem BIOS. Caranya yaitu tekan tombol ESC ataupun DEL ataupun F2, semuanya tergantung dengan tipe dari sistem BIOS anda, dan lakukan segera setelah proses restart.
b. Masuklah ke menu BOOT yang ada di BIOS anda.
c. Ubahlah boot pertama menggunakan Removable Devices apabila memakai flashdisk ataupun CD-ROM apabila memakai DVD.
d. Kemudian tekan F10 agar dapat menyimpan serta merestart laptop ataupun komputer anda.


3. Proses Install Windows 8 atau 8.1
Untuk mulai melakukan install sistem operasi windows 8/8.1 sesudah PC restart maka berikut ini adalah langkah-langkahnya:
a. Tekan enter agar dapat memulai instalasi ketika menemukan pesan tampilan “Press any key to boot…”

b. Pilihlah Indonesia untuk Time and Currency Format. Kemudian klik Next.

c. Klik Install Now.

d. Masukkan product key yang dimiliki. Kemudian klik Next.

e. Klik I accept the license terms. Lalu klik Next.

f. Pilihlah Custom: Install Windows only (Advanced). Disini kita akan melakukan langkah clean install.

g. Selanjutnya memasuki bagian sangat penting yakni membuat ataupun membagi partisi di harddisk. Disini akan dicontohkan memakai harddisk yang baru 500 GB. Dan akan dibagi menjadi 2 bagian partisi C serta D



h. Klik New lalu isikanlah kapasitas buat partisi pertama dalam bentuk MB. Contohnya disini ingin membuat 100GB pada bagian partisi C ataupun pada partisi pertama. Maka isikanlah 128000 kemudian klik Apply.



i. Kemudian klik OK agar melakukan konfirmasi.

j. Kemudian klik di Unallocated Space. Lalu klik New lagi agar dapat membuat partisi yang kedua. Disini akan mengisi kapasitas dari sisa yang ada dari partisi yang pertama. Lalu klik Apply.

k. Kemudian klik di partisi yang hendak diinstall sistem operasi windows 8/8.1 lalu klik Next.

l. Lalu proses akan berlanjut. Proses akan berjalan sekitar 20 menit yang tergantung dengan kecepatan dari CPU perangkat anda.

m. Selanjutnya laptop ataupun komputer akan melakukan restart secara otomatis.

n. Jangan tekan tombol yang ada di keyboard sesudah restart ketika muncul tulisan “Press any key to boot… ”.

o. Lalu proses akan berlanjut sekitar 5 menit. Silahkan tunggu. Lalu akan restart kembali.

p. Jangan ditekan tombol apapun lagi sesudah restart ketika muncul tulisan “Press any key to boot… “

q. Lalu isikanlah nama komputer yang sesuai dengan keinginan. Lalu, klik Next.



r. Kemudian pilihlah Use Express Settings. Kemudian klik Next.

s. Kemudian proses akan memeriksa koneksi internet yang tersedia. Pada contoh seperti ini, maka tidak memakai koneksi jaringan internet. Jadi pilihlah Create local account.



t. Kemudian buat nama user dan password. Isilah yang sesuai dengan keinginan. Apabila tidak ingin memakai password, maka silahkan kosongi untuk password kemudian klik Finish.

u. Tunggulah proses berjalan sekitar 5 menit yang sesuai dengan kecepatan dari CPU perangkat anda. Kemudian anda akan menemukan tampilan desktop sistem operasi Windows 8/8.1. Dan proses instalasi selesai.

v. sesudah melakukan install operasi sistem windows 8/8.1, maka sebagian besar dari device maupun hardware masih tidak akan berfungsi. Misalnya bluetooth, sound ataupun VGA pun masih tidak optimal. Maka dari itu, anda harus melakukan install terhadap driver yang sesuai dengan hardware tersebut supaya bisa berjalan dengan optimal.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya