Iklan Halaman Depan

Monday, February 7, 2022

Cara Aktifkan Internet Download Manager (IDM) Agar Muncul Tampilan Download di Chrome

Internet Download Manager (IDM) yaitu suatu aplikasi downloader yang sangat populer yang ada di Indonesia sekarang ini. Fitur yang sangat disenangi oleh para pengguna yaitu fitur layanan integrasinya dengan program Internet Browser. Fitur tersebut dapat mempermudah ketika melakukan unduhan file lewat tombol yang telah muncul dengan cara otomatis. Dengan fitur itu, maka kita tidak lagi melakukan copy-paste dari alamat URL yang ada di browser menuju IDM.

Fitur integrasi IDM akan mendukung di hampir seluruh internet browser yang telah online sekarang ini diantaranya yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari, IE, dan Edge. Akan tetapi kadang untuk fitur yang jadi andalan itu tidak dapat memiliki fungsi di program Google Chrome. Umumnya hal ini ditandai dengan kondisi tombol IDM yang tak muncul ketika ingin melakukan download file ataupun video lewat Chrome. Sehingga kita harus segera menyalin halaman URL dengan cara manual lewat browser ke IDM.

Penyebab utama dari masalah itu yakni ekstensi ataupun plugin IDM yang tidak aktif ataupun tidak sesuai dengan versi dari Chrome. Hal itu dapat diakibatkan karena banyak penyebabnya, kita akan bahas di halaman ini. Selanjutnya sekarang kita akan membahas terkait bagaimana langkah untuk dapat memperbaiki kondisinya terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan cara untuk mengaktifkan program IDM yang tak muncul di program Google Chrome.


1. Updatelah aplikasi IDM dengan versi terbaru
Buka aplikasi IDM kemudian klik pada menu Help. Lalu kliklah Check for Updates. Apabila terdapat versi yang terbaru, maka akan muncul tampilan tulisan New version of Internet Download Manager is available. Perhatikan gambar berikut ini. Klik Update Now agar dapat memulai proses untuk update.



Selain mengupdate langsung di aplikasi, maka kita pun dapat melakukan update dengan melakukan install IDM yang terbaru apabila memiliki file instalasinya.

Mengapa kita harus mengupdate IDM? Umumnya sesudah kita melakukan pembaharuan versi Google Chrome, maka tombol IDM tersebut tidak akan muncul di aplikasi chrome. Hal ini dikarenakan untuk versi IDM yang lama tidak sesuai dengan versi Chrome yang terbaru. Sehingga kita harus melakukan langkah seperti ini supaya semua fungsi dapat berjalan secara normal.


2. Aktifkanlah Fungsi Mode Developer pada Halaman Ekstensi Chrome
Bukalah Google Chrome, kemudian klik pada menu titik 3 yang terdapat di bagian pojok kanan sisi atas. Lalu, klik More tools. Kemudian, kliklah Extentions. Maka halaman ekstensi akan terbuka.

Lalu, kliklah tombol pada Developer Mode di bagian pojok kanan atas agar dapat mengaktifkan mode developer. Kemudian tutup Chrome supaya perubahan dapat tersimpan.



3. Hapus Module IDM di Chrome Jika Ada
Buka kembali Chrome. Kemudian bukalah halaman ekstensi seperti langkah 2. Lalu apabila terdapat IDM Integration Module, maka silahkanlah di hapus dengan cara melakukan klik tombol Remove. Namun apabila tidak ditemukan, maka silahkan dilanjut ke langkah berikutnya.

Hal seperti ini ahrus dilakukan agar dapat memastikan bahwa yang telah terpasang nantinya yaitu versi yang terbaru.



4. Carilah File IDMGCExt.crx pada Folder IDM (Internet Download Manager)
Bukalah File Explorer kemudian bukalah folder pada C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager. Kemudian carilah file IDMGCExt.crx.


5. Pasang IDMGCExt ke Google Chrome
Bukalah halaman ekstensi chrome lagi maupun file explorer yang dibuka di langkah 3 dengan kondisi posisi yang bersebelahan. Perhatikan gambar berikut ini. Lalu drag and drop file dari IDMGCExt.crx ke sistem ekstensi chrome.

Cara drag and drop yaitu dengan melakukan klik 1x serta tahan jangan dilepaskan di file IDMGCExt.crx. Kemudian geser mouse ke bagian arah bagian halaman ekstensi Chrome. Sesudah berada di bagian atas page ekstensi pada Chrome lepaskanlah klik. Apabila benar maka akan terdapat konfirmasi terkait Add IDM Integration Module? Perhatikan gambar berikut ini.

Selanjutnya, klik Add Extension.



Apabila tidak terdapat kendala maka untuk IDM Integration Module akan muncul tampilan pada halaman ekstensi dengan keadaan aktif. Tapi apabila telah mengalami error seperti Apps extensions and user scripts cannot be added from this website, itu artinya kita masih belum berada pada mode developer. Pastikan anda telah mengaktifkan mode developer serta merestart Chrome dengan menutup kemudian membukanya kembali.

Sesudah melakukan 5 langkah seperti di atas maka semestinya tombol IDM telah dapat muncul di halaman Chrome. Saya telah berulang kali melakukan beberapa langkah seperti di atas kemudian berhasil.

Nah, sesudah berhasil untuk mengaktifkan terkait idm yang ada di chrome maka sebaiknya harus mengetahui dari penyebabnya. Di awal artikel telah dijelaskan bahwa untuk penyebab yang utamanya yaitu ekstensi ataupun plugin yang tidak sesuai dengan browser anda.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya