Manfaat Sahur Terhadap Kesehatan Tubuh Yang Jarang Diketahui

Terdapat beraneka macam manfaat sahur terhadap kesehatan. Manfaat sahur akan membuat segala rutinitas ini tak boleh ditinggalkan ketika puasa. Sahur yang terjadi ketika jam-jam tertentu sebelum tiba waktu fajar dengan periode puasa. Dan waktu ini merupakan bagian yang sangat penting saat di Bulan Suci Ramadhan. Akan tetapi, sangat sering orang yang melakukan aktivitas puasa akan melewatkan aktivitas makan sahur yang sangat penting. Sehingga sangat sulit menjalankan ibadah puasa di sepanjang hari. Lalu, mengapa harus sahur serta apa sajakah dari manfaatnya?



Manfaat sahur bagi kesehatan
  1. Mencegah kelelahan berlebih serta agar dapat membantu supaya bisa meningkatkan kondisi daya ingat dan konsentrasi.
  2. Meningkatkan laju dari metabolisme basal serta dengan cara yang efektif dapat membantu untuk mengurangi kondisi berat badan. Metabolisme basal yaitu kalori yang diperlukan tubuh agar dapat melakukan kegiatan aktivitas dasar tubuh.
  3. Secara efektif untuk dapat menjaga kadar glukosa yang ada di dalam darah ketika puasa serta untuk membantu dalam mencegah hipoglikemia terhadap pasien diabetes.



  4. Mempertahankan pergerakan peristaltik usus serta untuk dapat mencegah gangguan pencernaan, sembelit, maupun mal-absorpsi.
  5. Mengurangi kondisi rasa lapar saat siang hari, khususnya apabila sahur yang terdiri dari bahan karbohidrat kompleks, misalnya kentang.
  6. Mengonsumsi makanan saat sahur yang bergizi dan sehat akan membantu untuk mencegah rasa sakit kepala karena masalah hipoglikemia maupun dehidrasi.
  7. Mengonsumsi sayuran yang sangat kaya serat jenis makanan misalnya sayuran hijau ketika sahur akan dapat mengurangi rasa haus ketika puasa sedang berlangsung.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya