Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Kunyit mempunyai banyak sekali manfaat tersembunyi. Selain sebagai bahan bumbu dapur, maka kunyit pun dipakai sebagai obat tradisional yang baik untuk dapat menjaga kesehatan dan juga kecantikan. Apa saja kandungan yang ditemukan yang ada di dalam kunyit serta bagaimana cara untuk memanfaatkannya.

Kunyit yang dari dahulu telah dipercaya mempunyai banyak manfaat serta khasiat yang sangat besar di dalam kehidupan. Kunyit juga sangat identik terhadap kecantikan tubuh. Zaman dahulu yang bermanfaat kunyit untuk kecantikan terhadap para putra putri keraton yang mempunyai kulit yang cerah serta mulus yang kerap memakai perawatan secara tradisional yang salah satunya memiliki bahan dasar dari kunyit.



Bahasa saintifik kunyit yaitu Curcuma Domestica Val umumnya dipakai masyarakat nusantara untuk bahan bumbu dapur agar dapat memberikan warna kuning di olahan masakan. Akan tetapi dibalik pesona dari warnanya, maka kunyit dapat memberikan tawaran yang sangat jauh lebih berharga. Hal ini karena memiliki khasiat yang telah dikandungnya. Penduduk nusantara telah sangat tidak asing terhadap pemakaian kunyit menjadi obat.

Walaupun kunyit telah dikenal masyarakat sejak dahulu sebagai bahan campuran olahan jamu yang termasuk ke dalam warisan nenek moyang. Akan tetapi penggunaan berbahan kunyit tidak sesemarak sekarang ini. Hal seperti ini yang telah dilatarbelakangi karena animo dari masyarakat terhadap alternatif pengobatan secara alamiah.

Kunyit adalah salah satu obat berbahan herbal yang sangat kaya dengan khasiat. Kunyit bermanfaat sebagai bahan kecantikan maupun untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Selain itu, kunyit pun dipakai agar dapat mengobati banyak jenis penyakit.

Kunyit memiliki kandungan zat sebagai pencegah kanker, anti radang, dan antiseptik
Sebagai zat anti radang, maka kunyit memiliki khasiat agar dapat mengobati gatal-gatal di kulit, kista dan juga kanker rahim.

Selain itu, kunyit termasuk ke dalam kategori obat herbal yang mempunyai fungsi sebagai imunostimulan supaya bisa untuk menjaga keseimbangan stamina.

Kunyit bisa dicampur dengan aneka jenis obat herbal yang lain tanpa adanya muncul efek samping. Walaupun dikonsumsi di setiap hari. Misalnya berbentuk jamu. Kunyit memiliki khasiat agar dapat menghilangkan sakit maag, keputihan serta peluruh darah haid supaya segera selesai, dan dapat menghilangkan rasa nyeri ketika haid.

Untuk masalah keputihan, bisa memakai satu genggam daun beluntas, dua rimpang kunyit, sepotong gula kelapa ataupun aren, satu gagang buah asam. Seluruh bahan yang direbus sampai mendidih dengan memakai satu liter air lalu disaring. Minumlah secara rutin satu gelas sehari.

Dalam farmakologi Tiongkok maupun pengobatan secara tradisional lainnya telah disebutkan bahwa untuk jenis tumbuhan yang satu ini mempunyai sifat untuk dapat menghentikan perdarahan, menambah nafsu makan, dan anti inflamasi. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki sifat antineoplastic (yakni dapat merusak pembentukan ribosom di sel kanker ataupun dapat  menghambat pertumbuhan pada sel kanker). Bagian yang dipakai dalam pengobatan ini yaitu rimpang maupun daun. Bahkan hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tanaman kunyit sangat ampuh dalam mengusir Virus Avian Influenca (Flu Burung).

Terdapat banyak cara pemakaian kunyit bagi kesehatan. Misalnya, agar dapat mengobati masalah luka koreng, lebam ataupun gatal-gatal. Masalah seperti ini mampu diatasi dengan mencampur bahan kunyit yang sudah ditumbuk serta dapat dicampur memakai minyak. Kemudian dioleskan pada area yang sedang bermasalah. Khusus wanita, maka agar dapat merangsang masalah untuk pengeluaran ASI ketika masih menyusui bisa memakai pupuk kunyit yang sudah disapukan di bagian payudaranya. Serta masih masih banyak cara pengobatan menggunakan kunyit ini.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya