Manfaat Jinten Hitam untuk Kesehatan Tubuh

sangat banyak manfaat dari jinten hitam yang telah dikenal oleh masyarakat sejak dahulu, diantaranya yaitu untuk masalah kesuburan, kesehatan, maupun ibu hamil.


Menguatkan sistem kekebalan
Jinten Hitam (Habbatussauda) mampu untuk meningkatkan tingkat kadar jumlah sel-sel T. Hal ini sangat baik dalam meningkatkan kondisi dari sel-sel pembunuh secara alami. Evektifitasnya sampai 72 % apabila jika dibandingkan dengan plasebo yang hanya berkisar 7 %. Dengan begitu jika mengonsumsi Habbatussauda mampu meningkatkan kondisi kekebalan tubuh. Dengan demikian Habbatussauda bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk menjaga kondisi kekebalan dalam tubuh untuk menyerang penyakit misalnya kanker maupun AIDS.


Meningkatkan daya ingat konsentrasi
Kandungan seperti asam linoleat (yakni omega 6 maupun omega 3. Jinten hitam termasuk nutrisi baik untuk sel otak yang memiliki manfaat agar dapat meningkatkan daya ingat serta kecerdasan. Habbatussauda pun dapat memperbaiki kondisi mikro (yaitu peredaran darah) menuju ke otak serta sangat sesuai diberikan terhadap anak yang masih berusia pertumbuhan maupun usia lanjut.


Meningkatkan Bioaktifitas Hormon
Hormon merupakan suatu zat aktif yang telah dihasilkan dari kelenjar endoktrin. Hormon ini masuk ke dalam peredaran darah di dalam tubuh. Salah satu dari kandungan habbatussauda yaitu sterol yang memiliki fungsi sintesa serta bioaktivitas hormon.


Menetralkan Racun di dalam Tubuh
Racun bisa menganggu metabolisma maupun menurunkan fungsi dari organ yang sangat penting misalnya hati, paru-paru serta otak. Gejala ringan misalnya keracunan bisa seperti gangguan pernafasan, diare, pusing, serta menurunkan daya konsentrasi. Jinten Hitam memiliki kandungan saponin yang bisa menetralkan serta untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh.

Mengatasi gangguan Tidur dan Stress
Saponin yang ditemukan di dalam Jinten Hitam mempunyai fungsi misalnya kortikosteroid yang mampu untuk mempengaruhi kadar karbohidrat, protein maupun lemak dan dapat mempengaruhi fungsi dari otot tubuh, syaraf, jantung, dan ginjal. Sapion memiliki fungsi agar dapat mempertahankan diri lewat perubahan dari lingkungan, gangguan tidur, maupun bisa menghilangkan stress.


Khasiat Jinten Hitam untuk Anti Histamin
Histamin merupakan suatu zat yang dapat dilepaskan lewat jaringan tubuh yang dapat memberikan reaksi terhadap alergi misalnya pada asma bronchial. Minyak yang dibuat serta Habbatussauda bisa mengisolasi ditymoquinone. Minyak ini dikenal dengan sebutan nigellone yang asalnya dari volatile nigella. Pemberian minyak seperti ini akan berdampak positif dengan penderita asma bronchial.


Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri
Habbatussauda memiliki kandungan minyak atsiri maupun volatif yang sudah diketahui manfaat yang luar biasa agar dapat memperbaiki pencernaan. Secara tradisional maka minyak atsiri dipakai sebagai obat diare. Tahun 1992, maka jurnal Farmasi Pakistan telah memuat suatu hasil dari penelitian. Hasil penerilitian menunjukkan bukti bahwa kandungan dari minyak volatile sangat ampuh dalam membunuh Bakteri. Bakteri seperti E Coli maupun strainbakteri V Colera jika dibandingkan obat antibiotik misalnya Ampicillin maupun Tetracillin.


Melancarkan Air Susu Ibu
Kombinasi lemak tidak jenuh maupun struktur hormonal yang ada di dalam kandungan minyak habbatussauda mampu untuk melancarkan ASI. Penelitian ini yang kemudian di sebarkan ke dalam literature penelitian Univ. Potchestroom di tahun 1989.


Tambahan Nutrisi Ibu Hamil maupun  Balita
Pada masa pertumbuhan sang anak yang sangat memerlukan nutrisi agar dapat meningkatkan system kondisi kekebalan tubuh dengan cara alami. Khususnya di musim hujan, maka anak akan sangat mudah terserang penyakit flu maupun pilek. Kandungan dari Omega 3, 6, 9 yang ditemukan di dalam habbatussauda adalah suatu nutrisi yang sangat membantu untuk masalah perkembangan pada jaringan otak terhadap balita maupun janin.

Anti Tumor
Pada Kongress kanker International yang diselenggarakan di New Delhi. Maka minyak habbatussauda yang telah diperkenalkan oleh para ilmuwan kanker Immonobiologi Laboratory yang berasal dari California Selatan. Habbatussauda mampu untuk merangsang kondisi sumsum tulang maupun banyak sel kekebalan, inferonnya yang dapat menghasilkan banyak sel yang normal terhadap serangan virus yang telah merusak sekaligus dapat untuk menghancurkan semua sel tumor serta dapat meningkatkan antibody.


Nutrisi bagi manusia
Habbatussauda yang sangat kaya dengan kandungan nutrisi untuk bahan tambahan energi paling ideal untuk usia lanjut. Khususnya untuk dapat menjaga kondisi daya tahan tubuh maupun revitalitas dari sel otak supaya tidak cepat pikun. Habbatussauda memiliki kandungan yaitu sekitar 15 jenis asam amino yang berasal dari penyusun protein. Jjuga termasuk yang terkandung di dalamnya sekitar 9 kandungan asam amino esensial. Asam amino tidak bisa diproduksi tubuh dengan kondisi jumlah yang cukup. Oleh sebab itu diperlukan suplemen tambahan, untuk Habbatussauda sendiri mampu mencukupinya.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya