Manfaat Jambu Dersono atau Jambu Bol atau Jambu Jamaika untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dari jambu dersono (jambu bol atau jambu jamaika) yaitu suatu pohon yang memiliki kerabat dengan jenis jambu jambuan. Ini memiliki tekstur daging yang sangat lembut serta lebih padat jika dibandingkan jambu air. Tidak mengerti darimana asal usul dari namanya yang demikian. Karena bol dalam bahasa Melayu ataupun bool dalam bahasa Sunda yang artinya “dubur”.

Dalam bahasa Inggris, buah ini dikenal dengan nama Malay apple. Sedangkan nama ilmiahnya yaitu Syzygium malaccense (artinyai: buah yang berasal dari Malaka), yaitu yang menunjuk terhadap salah satu dari daerah asalnya.



Manfaat Jambu Dersono
Buah jambu bol umumnya disajikan menjadi buah meja. Jambu bol atau jenis jambu air atau jambu semarang bahkan jambu cincalo mempunyai pemanfaatan yang mirip serta bisa saling menggantikan. Buah-buah seperti ini biasanya dimakan dalam keadaan segar, ataupun yang dijadikan menjadi salah satu bahan olahan rujak. Aneka jenis jambu ini pun bisa dibuat menjadi olahan makanan bentuk asinan. Karena rasa maupun aromanya, maka jambu bol biasanya sangat disukai oleh orang serta karena sebab itu maka harganya pun biasanya akan lebih tinggi dibandingkan dengan jambu air.

Manfaat jambu dersono untuk kulit
Jambu dersono sangat kaya dengan antioksidan misalnya vitamin C maupun vitamin A. Di dalam 100 gram makan terkandung vitamin C yang hampir setara jeruk mandarin yakni 22 mg untuk 100 gram buah. Kandungan dari vitamin A buah ini cukup tinggi, walaupun tidak setinggi dengan jeruk mandarin namun akan jauh lebih tinggi dibandingkan buah apel.

Selain dapat mempercantik organ kulit, maka vitamin C memiliki fungsi untuk antioksidan yang mempunyai manfaat agar dapat menjaga kondisi kesehatan sel, dan meningkatkan penyerapan terhadap asupan terhadap zat besi serta untuk dapat memperbaiki mutu dari sperma dengan mencegah pengaruh radikal bebas yang dapat merusak kondisi pembungkus sperma. Disamping mengandung bahan antioksidan, vitamin C pun mempunyai fungsi agar dapat menjaga serta untuk dapat memelihara kesehatan pada pembuluh kapiler dan untuk menjaga kesehatan pada gigi maupun gusi.

Vitamin A sangat diperlukan agar dapat menjaga kesehatan pada mata. Selain itu, untuk vitamin A pun dibutuhkan agar dapat meningkatkan kondisi imunitas pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya vitamin A yang mampu meningkatkan imunitas pada tubuh. Hal ini pun yang disebabkan oleh adanya vitamin A yang mampu meningkatkan kondisi fungsi dari sel darah putih untuk zat antibody maupun antivirus.

Kulit batangnya dipakai untuk menjadi obat seriawan. Sedangkan untuk kayunya yang cukup keras serta warna kemerahan yang cukup baik untuk menjadi bahan bangunan, selama tidak menyentuh tanah.

Asal usul maupun penyebaran Jambu Dersono
Asal usul dari pohon ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun untuk jambu bol yang ditanam secara luas yang sejak lama di daerah wilayah Semenanjung Malaya, Sumatra maupun Jawa. Karena manfaatnya, maka jambu bol sekarang banyak ditanam di daerah negara tropis, hal ini juga termasuk di berbagai belahan negara Karibia misalnya Jamaika maupun Trinidad serta Tobago.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya