Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Manfaat dari buah belimbing wuluh yang ternyata sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan. Diantaranya yaitu untuk kulit yang mulus, terutama kecantikan wajah.

Kandungan belimbing wuluh
Tanaman ini mempunyai banyak kandungan zat kimia, yaitu kalsium oksalat, tanin, sulfur, saponin, peroksida, kalium sitrat, glukosid, dan asam format. Tanaman ini telah dikenal dapat menghilangkan kondisi dari rasa sakit, antiradang, peluruh kencing, dan memperbanyak pengeluaran empedu. Sekedar tambahan, untuk para penderita sakit maag maka sebaiknya JANGAN mengkonsumsi buah belimbing wuluh.



Khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan tubuh
A. Sakit Gondongan
Ambil setengah genggam dari daun belimbing wuluh serta tumbuklah dengan campuran 3 bawang putih. Kompreskan di seluruh bagian yang mengalami gondongan.

B. Obat Batuk
Di sini terdapat dua cara. Cara pertama, yaitu bunga, rebus daun, maupun buah belimbing wuluh dengan jumlah yang sama banyaknya ke dalam air yang sudah mendidih sekitar setengah jam. Minum airnya. Cara kedua, yaitu ambil segenggam daun buah belimbing wuluh, dua buah belimbing wuluh, dan segenggam bunganya. Rebus bersama 2 gelas air dicampur dengan gula batu sampai airnya bersisa setengah. Saring dan minumlah 2 kali sehari.

C. Batuk Rejan
Ambil sekitar 10 buah belimbing wuluh. Kemudian dicuci dengan bersih, dan diremas dicampur dengan 2 sendok air garam. Lalu disaring serta diminum 2 kali sehari.

D. Obat batuk anak
Segenggam bunga belimbing wuluh, gula secukupnya, beberapa butir adas, ditambah dengan 1 cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Sesudah dingin maka disaring menggunakan kain serta dibagi agar dapat 2 kali minum, yaitu di waktu pagi maupun waktu malam ketika kondisi perut masih kosong.

E. Diabetes
6 buah belimbing wuluh yang sudah dilumatkan kemudian direbus bersama 1 gelas air sampai tersisa separuh. Saring dan minum dua kali sehari.

F. Rematik
Cucilah segenggam daun belimbing wuluh. Tumbuk hingga halus serta tambahkan kapur sirih kemudian gosokkan ke area yang sakit.

G. Sariawan
Rebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh, gula aren ke dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa 3/4 bagian, dicampur dengan asam jawa. Saringlah kemudian diminum 2 kali sehari.

H. Sakit Gigi
Cucilah 5 buah belimbing wuluh kemudian dikunyah campur garam. Ulangilah beberapa kali hingga hilang rasa sakitnya.

I. Jerawat
Ambillah buah belimbing wuluh seperlunya kemudian tumbuk halus. Ramuan ini diremas dengan campuran garam seperlunya serta dipakai untuk bahan menggosok muka yang memiliki jerawat. 

J. Panu
10 buah belimbing wuluh yang sudah dicuci kemudian digiling secara halus. Tambahkan sedikit kapur sirih, kemudian diremas hingga merata. Ramuan dipakai untuk menggosok bagian kulit yang berpanu sebanyak 2 kali sehari.

K. Darah Tinggi
3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong, kemudain direbus dicampur 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin maka disaring serta diminum seudah makan pagi. 

L. Gigi Berlubang
5 buah belimbing wuluh yang dimakan langsung dicampur dengan sedikit garam, dikunyah tepat di bagian gigi yang sedang berlubang.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya