Inilah Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Organ Jantung

Ketumbar termasuk ke dalam kategori bumbu dapur yang sangat sering dipakai untuk berbagai jenis masakan nusantara. Nama latinnya adalah coriandrum sativum. Ketumbar ternyata mempunyai sangat banyak manfaat terhadap kesehatan, yang termasuk juga untuk masalah jantung. Apa saja manfaat dari kesehatan yang ada dari ketumbar terhadap kesehatan organ jantung? Yuk disimak penjelasan secara lengkap di halaman ini!


Kandungan nutrisi pada ketumbar
Sebelum memahami terkait manfaat ketumbar terhadap kesehatan seperti organ jantung. Maka sebaiknya harus dipahami terlebih dahulu terkait dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Di dalam 100 gram ketumbar, maka akan ditemukan kandungan gizi seperti data berikut:
a. Air: 11.2 gram
b. Energi: 418 kalori
c. Protein: 14.1 gram
d. Lemak: 16.1 gram
e. Karbohidrat: 54.2 gram
f. Serat: 12.3 gram
g. Kalsium: 630 miligram (mg)
h. Fosfor: 370 mg
i. Zat besi: 17.9 mg
j. Natrium: 91 mg
k. Kalium 1787 mg
l. Tembaga: 0.95 mg
m. Seng: 4.6 mg
n. Beta-Karoten: 75 microgram (mcg)
o. Karoten total: 1570 mcg
p. Thiamin (Vitamin B1): 0.2 mg
q. Riboflavin (Vitamin B2): 0.35 mg
r. Niasin: 1.8 mg
s. Manfaat ketumbar untuk kesehatan jantung



Dengan memakai bahan ketumbar untuk tambahan bahan bumbu ke banyak jenis masakan nusantara. Maka hal ini akan memperoleh sangat banyak manfaat terkait kesehatan jantung. Berikut ini terdapat beberapa manfaat yang luar biasa dapat diperoleh yaitu:

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kondisi kolesterol yang sangat tinggi mampu meningkatkan terjadinya berbagai masalah terhadap kesehatan jantung, yaitu salah satunya serangan penyakit jantung. Hal ini karena kolesterol jahat yang telah berlebih bisa menumpuk di bagian pembuluh darah arteri sampai terjadi adanya penyumbatan. Arteri yang telah tersumbat dapat membuat arah aliran darah yang berasal dari serta menuju jantung akan terhambat.

Sementara itu, terkait kandungan antioksidan yang dijumpai pada ketumbar yang ternyata mempunyai berbagai manfaat yang sangat baik terhadap masalah Dengan memakai ketumbar sebagai bahan bumbu di berbagai jenis masakan nusantara, maka kita dapatkesehatan jantung. Kandungan tersebut bisa membantu untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol yang jahat sekaligus kadar trigliserida yang ada di dalam darah. Dengan demikian, risiko mengalami aneka penyakit jantung karena masalah kolesterol juga dapat menurun.

Selain itu, kandungan mineral yang ditemukan di dalam ketumbar, misalnya seng, zat besi, maupun tembaga. Maka kandungan ini mampu untuk memberikan banyak manfaat supaya bisa menjaga kesehatan organ jantung. Meski demikian, maka para ahli juga harus melakukan berbagai penelitian yang lebih lanjut agar dapat memastikan manfaat ketumbar.

2. Meningkatkan kadar kolesterol baik
Selain untuk menurunkan kadar dari kolesterol yang jahat di dalam darah, maja ketumbar pun mempunyai manfaat untuk meningkatkan tingkat kadar kolesterol yang baik (HDL). Tidak seperti kolesterol jahat, maka untuk kolesterol baik yang ada di dalam darah justru mempunyai peranan yang sangat penting terhadap kesehatan. Keberadaan dari kadar kolesterol baik ini tentunya sangat penting terhadap kesehatan organ jantung.

Hal ini karena untuk kolesterol baik ataupun HDL mempunyai peranan untuk da[at menyingkirkan kolesterol yang jahat yang ada di dalam darah. Ini artinya, kita harus membutuhkan kadar jumlah kolesterol yang baik lebih banyak jika dibandingkan dengan kolesterol jahat.

Jika semakin tinggi tingkat kadar kolesterol yang baik yang ada di dalam darah, maka akan semakin rendah juga risiko untuk mengalami masalah penyakit jantung. Oleh karena itu, dengan cara mengonsumsi bahan makanan ketumbar, maka kita akan memperoleh tambahan beberapa manfaat yang sangat baik terhadap kesehatan jantung.

3. Mengontrol kadar gula darah
Ternyata, untuk kadar gula darah yang sangat tinggi pun menjadi salah satu dari faktor risiko terserang penyakit jantung. Hal ini karena seiring dengan berjalannya waktu, maka gula darah yang tinggi mampu merusak organ pembuluh darah. Bahkan, kondisi seperti ini pun dapat merusak dari saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.

Ini artinya, jika semakin lama telah mengalami penyakit diabetes ataupun kadar gula darah yang tinggi, maka untuk risiko mengalami masalah kerusakan tersebut akan mengalami masalah yang semakin tinggi. Nah, dengan mengonsumsi ketumbar mampu membantu untuk dapat mengendalikan kandungan dari gula darah yang ada di dalam tubuh.

Oleh karena itu, dengan cara membantu mengendalikan tingkat kadar gula darah yang ada di dalam tubuh, maka ketumbar tidak hanya dapat memberikan manfaat yang sangat untuk dapat mengatasi masalah penyakit diabetes. Namun, dengan mengonsumsi ketumbar pun dapat membantu untuk menjaga kesehatan organ jantung.


4. Mengatur tekanan darah
Ketumbar mampu memberikan berbagai manfaat untuk dapat menjaga kondisi tekanan darah. Hal ini sebagai salah satu dari faktor risiko terkait penyakit jantung. Seperti yang telah diketahui, jika semakin tinggi untuk tekanan darah dari diri seseorang, maka akan semakin besar juga risiko untuk mengalami banyak jenis penyakit organ jantung. Hal ini termasuk dengan penyakit gagal jantung, serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan sebagainya.

Sementara itu, ketumbar mempunyai sifat diuretik. Sehingga mampu agar dapat membantu organ ginjal dalam memproduksi yang lebih banyak bahan natrium di urine. Dengan demikian, maka natrium dapat membawa air yang ada di dalam darah, kemudian mengurangi kadar jumlah cairan terhadap pembuluh darah dari vena maupun arteri. Hal seperti ini bisa membantu untuk dapat menurunkan tekanan darah.

Nah, apabila tekanan dalam darah telah berhasil turun, maka risiko untuk mengalami masalah penyakit jantung juga akan ikut menurun. Akan tetapi, para ahli masih terus melakukan berbagai penelitian yang lebih lanjut terkait kelebihan ketumbar.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya