Penyebab Penyakit Edema Paru dan Cara Penyembuhannya

Pengertian Edema Paru

Edema paru akut yaitu suatu kondisi terjadi penumpukan cairan yang terjadi di organ paru-paru. Hal ini terjadi dengan tiba-tiba. Hal seperti ini mampu menyebabkan masalah terganggunya fungsi dari organ paru, bahkan dapat mengakibatkan gagal napas. Oleh karena itu penyakit edema paru dapat digolongkan menjadu suatu kondisi yang gawat darurat secara medis yang membutuhkan penanganan sesegera mungkin, karena bisa mengancam nyawa para penderitanya.


Untuk kasus penyakit edema paru yang akut, maka hal ini dapat berlangsung dengan jangka waktu yang panjang. Untuk para penderitanya juga akan merasakan masalah sesak napas terutama ketika sedang melakuka aktivitas secara fisik. Ketika kelelahan, maka tidak jarang para penderita dapat mengeluarkan kondisi suara mengi (yakni napas tersumbat).


Penyebab Edema Paru
Hal yang sangat sering menjadi suatu penyebab dari masalah penyakit edema paru akut yaitu terjadi kegagalan jantung dalam memompa darah. Akibatnya adalah kondisi darah akan kembali menuju ke organ paru-paru serta hal ini dapat menyebabkan masalah keluhan sesak napas.
Selain itu, untuk pemberian carian secara berlebihan terhadap para penderita pun bisa menyebabkan suatu kondisi penyakit edema paru. Hal seperti ini khususnya sangat sering terjadi terhadap seseorang dengan kondisi gangguan jantung maupun karena gangguan ginjal.


Diagnosis Edema Paru
Penentuan diagnosis masalah edema paru dapat dilakukan lewat wawancara yang dilakukan secara medis maupun dengan pemeriksaan secara fisik. Seseorang yang sedang mengalami masalah penyakit edema paru umumnya akan mengalami keluhan karena merasa sedang sesak napas yang kondisinya akan semakin lama menjadi semakin berat. Pada pemeriksaan secara fisik umumnya akan terlihat kondisi bahwa para penderita akan bernapas yang memiliki irama tergesa-gesa.
Pemeriksaan foto thoraks maupun rekam jantung pun biasa untuk dilakukan menjadi langkah pemeriksaan lanjutan agar dapat mendiagnosis terjadinya masalah penyakit edema paru. Selain itu, untuk pemeriksaan laboratorium pun dibutuhkan agara dapat melihat ditemukannya gangguan ginjal, hati, maupun jantung.


Gejala Edema Paru
Terdapat beberapa hal yang dapat dilihat menjadi suatu gejala penyakit edema paru akut. Penderita yang sedang mengalami masalah penyakit edema paru umumnya akan merasakan keluhan sesak napas serta memiliki keluhan... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya