Penyebab maupun Gejala Penyakit Efusi Pleura dan Pencegahannya

Pengertian Efusi Pleura

Efusi pleura yaitu tempat berkumpulnya cairan abnormal yang ada di dalam rongga pleura. Pleura yaitu suatu membran tipis yang telah melapisi organ paru-paru maupun organ dinding dada. Diantara pleura yang telah melapisi organ paru-paru maupun organ dinding dada ditemukan adanya rongga pleura. Secara normal, maka dijumpai kondisi cairan berjumlah sedikit yang ada di rongga ini yang mempunyai fungsi untuk menjadi pelumas yang dijumpai diantara kedua pleura ketika kondisinya pergerakan organ paru-paru semasa sedang bernapas.



Penyebab Efusi Pleura
Penumpukan cairan di bagian rongga pleura ataupun efusi pleura yang dapat disebabkan:
  • Penyakit maupun peradangan yang terjadi di organ paru-paru, misalnya kanker paru, tuberkulosis, pneumonia, ataupun edema paru.
  • Gagal jantung.
  • Protein rendah yang ada di dalam darah, yang dapat menyebabkan cairan dan sangat mudah keluar lewat pembuluh darah maupun dapat tekumpul yang ada di dalam rongga pleura. Contohnya yaitu terhadap kondisi sirosis hati maupun penyakit ginjal.
  • Penurunan laju penyerapan yang berasal dari saluran getah bening. Seperti penyumbatan saluran getah bening karena ditemukan keganasan ataupun trauma.

Diagnosis Efusi Pleura
Agar bisa mengetahui diagnosis dari efusi pleura, diperlukan evaluasi menyeluruh. Evaluasi dapat dilakukan lewat pengumpulan beberapa informasi dari penderita maupun pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang yang bermanfaat yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan sinar X thorax. Pengambilan sampel cairan yang bisa membantu mendiagnosis terkait penyebab efusi pleura.


Gejala Efusi Pleura
Gejala yang sangat sering dialami oleh pasien efusi pleura yaitu sesak napas. Ketika terjadi efusi pleura, maka untuk kondisi cairan yang terdapat di dalam bagian rongga pleura yang bisa menyebabkan paru-paru tidak akan mengembang secara sempurna ketika kondisi sedang menarik napas. Akibatnya terjadi sesak napas yang termasuk suatu gejala yang sangat sering terjadi.
Selain sesak, efusi pleura bisa menyebabkan gejala batuk. Biasanya, kondisi batuk yang sedang dialami ringan maupun tidak berdahak. Akan tetapi, apabila disebabkan oleh adanya pneumonia, dapat terjadi suatu gejala batuk berdahak. Nyeri dada pun bisa dikeluhkan karena penderita efusi pleura. Hal ini biasanya berhubungan dengan iritasi yang terjadi pada pleura... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya