Penyebab maupun Gejala Penyakit Akibat Bakteri E. Coli dan Cara Penyembuhannya

Pengertian E. coli

Escherichia coli (E. coli) yakni salah satu dari jenis bakteri yang bisa dijumpai di saluran pencernaan di dalam tubuh manusia maupun hewan. Biasanya bakteri seperti ini tidak akan membahayakan dalam kesehatan, bahkan hal ini mampu untuk membantu dalam menciptakan kondisi dalam saluran pencernaan menjadi sehat.


Akan tetapi, untuk beberapa jenis dari bakteri E. coli bisa menyebabkan terjadinya masalah penyakit (yakni patogen). Misalnya dapat menyebabkan penyakit diare, terjadinya masalah infeksi pada saluran kemih (ISK), terjadinya masalah gangguan sistem pernapasan, maupun beberapa gangguan penyakit lainnya.

Penyebab E. coli
Ditemukan beberapa jenis dari bakteri E.coli patogen, seperti:
  • Shiga Toxin producing E. coli (STEC)
  • Enterotoxigenic E. coli (ETEC)
  • Enteropathogenic E. coli (EPEC)
  • Enteroaggreggative E. coli (EAEC)
  • Enteroinvasive E. coli (EIEC)
  • Diffusely adherent E. coli (DAEC)

Jenis-jenis dari bakteri patogen tersebut mampu menginfeksi manusia lewat beberapa kejadian lainnya, misalnya:
  • Penanganan makanan yang kurang baik. Contohnya yaitu karena terjadi paparan dari bakteri lewat tangan yang kotor akibat tidak melakukan cuci tangan sebelum maupun sesudah mengolah makanan, makanan mentah seperti makanan laut, makanan yang disimpan terhadap suhu yang salah, dari material alat makan yang telah terkontaminasi, makanan yang sedang dimasak di suhu yang tidak sesuai (salah), dan lainnya.
  • Pengolahan makanan. Kemungkinan yang akan terjadi seperti daging unggas maupun daging sapi. Kedua jenis daging yang sangat sering dinikmati oleh masyarakat, yang bisa terkontaminasi oleh adanya bakteri yang terjadi lewat saluran pencernaan yang berasal dari hewan tersebut. Pengelolaan daging mentah maupun pengolahan makanan yang masih kurang baik yang dikonsumsi sebelum dimasak maka bisa menginfeksi Anda.
  • Kontaminasi air. Pengolahan sanitasi air yang kondisinya tidak baik bisa mengkontaminasi ke sumber air. Ketika terdapat memakai air tersebut, seperti minum ataupun berenang, maka Anda bisa terinfeksi.
  • Antara manusia. Gagal mencuci tangan secara bersih sesudah buang air besar bisa menyebabkan dari bakteri dijumpai pada tangan. Seseorang bisa menyebarkan bakteri seperti ini ketika menyentuh orang lain ataupun menyentuh makanan.
  • Terpapar binatang. Mereka yang sering melakukan sentuhan langsung ke binatang baik karena akibat profesi maupun karena hobi, maka harus perlu dapat memperhatikan kebiasaan dengan mencuci tangan secara baik. Tangan harus selalu bersih sempurna agar dapat memperkecil risiko untuk terjadinya masalah paparan maupun penyebaran bakteri.

Diagnosis E. coli
Agar dapat mengetahui apakah kondisi seseorang telah mempunyai kandungan bakteri E.coli ataupun tidak yang ada di dalam tubuhnya, maka diperlukan beebrapa data informasi secara lengkap lewat pasien tersebut. Selain itu juga harus ditemukan adanya langkah pemeriksaan secara fisik yang menyeluruh yang bisa membantu untuk dapat menentukan masalah diagnosis... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya