Beberapa Aplikasi Penghapus File Ganda [serta Cara Menemukan dan Menghapus File yang Sama di Windows]

Pernahkah anda menjumpai file yang sejenis ataupun file ganda yang ada di laptop ataupun di perangkat komputer?


Tidak hanya Anda saja, sangat banyak orang yang memerpoleh ditemukannya file yang duplikat berada di sistem Windows karena sangat kurang berhati-hati ketika sedang menyalin data dokumen ataupun download file bahkan data software yang ada lewat internet. File yang sama seperti ini dapat membuat kondisi hard disk akan menjadi cepat penuh, terkecuali jika kita memiliki beberapa ruang terkait kapasitas yang sangat besar. Namun yakinlah bahwa suatu ketika akan cepat penuh juga apabila kita mengabaikan hal seperti ini.

Terlebih terhadap mereka yang memakai sistem SSD (Solid State Drive) yang memiliki kapasitas tidak terlalu besar. Tentunya hal ini akan menjadi bingung sendiri dalam mencari tahu hal yang dapat membuat kondisi hard disk menjadi penuh serta bagaimana langkah antisipasi penyelesaian masalah untuk mengosongkan kondisi hard disk tanpa harus melakukan format ulang.
File ganda yang ada di sistem Windows akan menjadi penyebab utama komputer menjadi lambat ataupun lemot.

Untuk itu, maka kita harus segera menjumpai serta menghapus beberapa file ganda ataupun file sama yang ada di sistem Windows dengan cara manual maupun dengan bantuan software tambahan yaitu duplicate finder.

Supaya tidak “memakan” waktu lama maupun tenaga untuk mencari data duplikat file, maka anda cukup melakukan install serta pakai aplikasi untuk penghapus file ganda tersebut.

Pada artikel ini, maka kita akan berbagi cara bagaimana untuk menemukan solusi serta cara untuk menghapus file ganda (yakni duplicate file) yang ada di sistem Windows. Seperti yang telah diungkapkan di atas, maka harus memakai software tambahan penghapus file yang sama agar dapat mencari maupun menjumpai file yang sama pada sistem Windows dengan cara yang cepat serta cara yang mudah.

Berikut ini meruakan daftar nama dari aplikasi penghapus data duplicate file yang ditemukan di sistem Windows:
1. Easy Duplicate Finder
Aplikasi ini sangat bermanfaat dalam mencari, menemukan maupun untuk hapus file sama yang ada dengan hitungan detik.

Anda akan dengan sangat mudah untuk mengosongkan bagian ruang hard disk yang telah penuh, manajemen file di sistem komputer, dan membuat komputer lambat menjadi lebih cepat.

Aplikasi penghapus data file ganda seperti ini bisa dioperasikan di sistem Windows maupun sistem Mac OS X serta macOS.

Sayangnya, hanya memiliki 2 (dua) versi yakni versi trial maupun versi full version. Sehingga kita hanya mampu memakainya secara bebas beberapa hari apabila tidak melakukan pembelian lisensi terhadap software easy duplicate finder.

Fitur yang sangat populer yang telah ditawarkan oleh aplikasi seperti ini yakni mampu untuk membantu Anda dalam mencari serta menghapus file dari foto, email, dokumen, MP3, video, maupun file lainnya yang sejenis.
Cara memakai software duplicate finder yang termasuk sangat mudah yang disertai dengan tidak membutuhkan suatu pengetahuan yang khusus lebih saat sedang melakukan instalasi maupun konfigurasinya.

Download (gratis dan berbayar)
Ukuran file: 1.3MB


2. Fast Duplicate File Finder
Fast Duplicate File Finder 100% dibagikan secara gratis serta mampu untuk mencari maupun menghapus file yang ganda pada laptop, maupun komputer bahkan yang ada di sistem jaringan sekalipun.

Dengan memakai langkah ataupun sistem algoritma yang tertentu. Maka aplikasi seperti ini akan sangat mampu untuk dapat menganalisa maupun menemukan data file sama walaupun nama filenya telah berbeda.

Apabila menginginkan fitur yang lengkap, maka bisa membeli lisensinya.

Untuk penggunaannya pun sangat mudah di laptop maupun PC Windows…

Anda hanya membutuhkan download maupun menginstallnya ke sistem komputer.

Download (gratis dan berbayar)
Ukuran file: 2.6MB

3. Auslogics Duplicate File Finder
Aplikasi Auslogics yang sudah memperoleh sertifikat dari perusahaan besar yaitu Microsoft® Gold Application Developer.

Aplikasi penghapus file duplikat ini di sistem Windows akan dengan sangat mudah dipakai untuk dapat menemukan file musik, foto, video, maupun data file lainnya yang mirip dengan sistem algoritma yang dapat membuat langkah proses dalam pencarian file akan menjadi lebih cepat menghapus data file duplikat sehingga dapat memberikan kondisi ruang yang kosong pada hard disk.

Download (gratis)
Ukuran file: 8.17MB


4. CloneSpy
Sama dengan halnya dengan software penghapus data file lainnya yang sejenis di laptop ataupun sistem komputer seperti yang diatas lainnya. CloneSpy mampu untuk menemukan maupun menghapus data file yang sejenis sekalipun untuk nama dari data filenya tidak lagi sama.

Aplikasi seperti ini hanya akan mendukung bentuk sistem operasi pada sistem Windows XP/Vista/7/8/8.1/10. Sehingga tidak mampu untuk menjalankannya pada sistem operasi lainnya misalnya sistem Mac OS X ataupun sistem Linux.

Ini juga merupakan aplikasi dari penghapus file yang ganda 100% dibagikan secara gratis.

Download (gratis)
Ukuran file: 4.4MB

5. SearchMyFiles
Dengan ukuran file sangat kecil, yaitu kisaran sekitar 136 KB akan tetapi aplikasi seperti ini sangat mampu untuk membantu dalam menghapus seluruh file duplikat yang ditemukan di dalam sistem komputer anda.

Dengan langkah metode pencarian yang diberikan sangat akurat, maka berbeda halnya dengan aplikasi yang sebelumnya pernah ada.

Download (gratis dan berbayar)
Ukuran file: 136KB



Di dalam postingan ini hanya membahas mengenai cara install maupun memakai aplikasi dari fast duplicate file finder. Hal ini karena aplikasi lainnya, menggunakan cara yang hampir sama.

Cara Menggunakan Aplikasi Fast Duplicate File Finder
Pada tutorial di halaman ini, maka dibahas tutorial cara install maupun cara memakai software fast duplicate file finder untuk sistem windows di perangkat laptop ataupun perangkat komputer.

Simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini:
  • Apabila masih belum memiliki file installer-nya, maka silahkan anda download di halaman link yang telah tersedia diatas. Kemudian klik 2x pada FastDuplicateFileFinder.exe
  • Klik tombol Next. Next. Install agar dapat memulai langkah proses install pada fast duplicate file finder
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai. Kemudian jalankanlah software tersebut dengan cara melakukan klik-klik pada ikon Fast Duplicate File Finder yang ditemukan di halaman desktop
  • Sesudah jendela aplikasi muncul, seperti gambar yang ada di bawah, agar dapat memeriksa maupun menghapus file yang ganda. Maka silahkan klik pada ikon menu Add Folder agar dapat mencari di folder maupun partisi yang ditemukan pada komputer ataupun pada laptop kemudian tekan tombol OK
  • Agar dapat memulai pencarian pada file duplikat, maka lakukan klik tombol pada Start Scan lalu tunggulah untuk beberapa saat. Aplikasi akan segera mulai untuk mencari data file sama (ganda). Apabila muncul jendela konfirmasi, maka pilih tombol OK
  • Sesudah menemukan file yang ganda, maka lakukan klik kanan pada destinasi folder yang anda inginkan. Kemudian pilih Locate in Folder agar dapat menuju ke file tersebut.
Dari beberapa software dari penghapus file yang mirip (ganda) tersebut, maka software mana ingin dipakai dalam mencari file ataupun menemukan file yang duplikat?


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya