Waspadai Perilaku Buruk Ini.... Ini Merupakan Masalah Penyakit...

 Pengertian Dermatillomania

Dermatilomania yaitu suatu kondisi berhubungan dengan masalah psikologis. Hal ini seperti kebiasaan menggaruk, kebiasaan menyentuh, ataupun kebiasaan mencakar bagian organ kulit sendiri dengan repetitif. Penyakit seperti ini dikenal juga excoriation disorder ataupun compulsive skin picking.

Hal ini adalah salah satu dari jenis gangguan mengenai pengendalian impuls. Perbedaan yang terjadi dari dermatilomania dengan suatu kebiasaan menggaruk yaitu ditemukan kelainan yang terjadi pada bagian kulit yang lainnya. Hal ini yakni perilaku biasanya bisa dilakukan dengan selama jangka panjang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kondisi kerusakan pada jaringan, dan dapat juga menyebabkan individu akan mengalami suatu kondisi distres maupun masalah disfungsi secara signifikan.


Penyebab Dermatillomania
Penyebab dari masalah dermatilomania hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, telah diduga banyak faktor genetik yang memiliki peran terjadinya masalah kondisi seperti ini. Pada sebagian orang yang mengalami penyakit dermatilomania akan kelihatan mempunyai kecenderungan bawaan mengenai kondisi tertentu misalnya kebiasaan mencakar kulit ataupun kebiasaan  menarik rambut, dan kegiatan mengenai kelainan suasana hati serta ansietas. Jika ditemukan anggota keluarga yang dekat sedang mengalami keluhan sejenis.

Faktor lainnya, misalnya stres, temperamen individual, serta usia yang memiliki peran untuk perkembangan terhadap kondisi seperti ini. Perilaku mencakar kulit secara terus menerus sangat sering muncul secara bersamaan di awal hingga pubertas.
Dermatilomania juga bisa dihubungkan dengan suatu perilaku yang dipakai untuk dapat menghindari suatu kejadian yang menjadi pemicu stres ataupun cara untuk dapat melepas kondisi rasa tegang yang telah meningkat secara signifikan karena emosi negatif. Contohnya adalah seperti rasa frustrasi, tidak sabar, sangat sering merasakan hal tidak puas, ataupun merasa bosan.


Gejala Dermatillomania
Tindakan mencakar anggota kulit repetitif terhadap penderita penyakit dermatilomania seperti mencakar, menarik, bahkan menggigit bagian kulit yang sehat ataupun pasien akan mengalami kondisi kelainan dari anggota bagian tubuh lainnya. Anggota tubuh yang sangat sering dialami yaitu bagian tangan, jari-jari, wajah, lengan, atau tungkai.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya