Penyebab Masalah Penyakit Pembuluh Darah Yang Menjadi Penyebab Mati Mendadak

Pengertian Diseksi Aorta

Diseksi aorta (aortic dissection) adalah suatu kondisi yang terjadi di bagian dinding pembuluh darah aorta yang kondisinya sedang mengalami cedera robekan. Aorta yaitu suatu pembuluh darah paling besar yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini merupakan perantara untuk dapat mengalirkan darah yang berasal dari jantung menuju bagian seluruh tubuh.


Ditemukannya adanya robekan yang terdapat pada dinding aorta yang bisa menjadi penyebab ditemukannya adanya ruangan. Ruangan ini berisikan dengan kumpulan cairan darah yang ditemukan pada bagian antar lapisan di dinding aorta. Kondisi diseksi aorta yaitu kondisi yang termasuk dengan suatu kondisi masalah mengenai gawat darurat dan paling sering bisa menjadi penyebab masalah kematian.

Penyebab Diseksi Aorta
Ditemukan banyak kondisi yang bisa menjadi pencetus masalah penyakit diseksi aorta, yaitu:
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang kondisinya tidak terkendalikan
  • Cedera yang terjadi di bagian dada. Seperti sesudah kecelakaan lalu lintas
  • Penyakit yang kondisinya sedang menyerang jaringan ikat. Seperti sindrom Ehler-Danlos ataupun sindrom Marfan 
  • Lupus
  • Sindrom cushing
  • Kehamilan
  • Penggunaan obat psikoaktif. Misalnya kokain dan ekstasi


Diagnosis Diseksi Aorta
Untuk pemeriksaan awal masalah diseksi aorta, maka dokter melakukan langkah wawancara medis serta pemeriksaan secara fisik yang menyeluruh. Jika telah diduga ditemukan masalah diseksi aorta, maka pasien segera dilakukan perawatan dengan tim dokter ahli jantung dan pembuluh darah.
Selanjutnya untuk beberapa pilihan pemeriksaan tambahan yang harus dilakukan yaitu:
  • Rontgen dada agar bisa melihat gambaran jantung serta aorta.
  • Angiogram. Yakni pemeriksaan lewat radiologi yang akan dilakukan dengan cara memasukkan suatu zat kontras ke bagian dalam di pembuluh darah. Hal ini dibutuhkan agar dapat melihat besarnya kondisi robekan yang telah terjadi.
  • CT-scan serta MRI agar dapat melihat kondisi masalah penyakit diseksi aorta yang telah memburuk ataupun tidak.
  • Ekokardiografi agar dapat melihat kondisi dari pembuluh darah yang ditemukan di bagian jantung.


Gejala Diseksi Aorta
Gejala utama masalah penyakit diseksi aorta yaitu rasa nyeri pada dada. Rasa nyeri umumnya dapat muncul secara mendadak. Banyak penderita yang telah menggambarkan rasa nyeri yang sedang dirasakannya. Misalnya bagian dadanya seperti sedang dirobek atau disayat. Nyeri pada dada bisa menjalar ke bagian pundak, lengan, maupun leher. Kadang nyeri pada dada sangat sulit untuk dibedakan dengan rasa nyeri yang terjadi pada dada akibat serangan jantung.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya