Penyebab Masalah Penyakit Disfungsi Ereksi dan Cara Pencegahannya [Terlengkap]

Pengertian Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi yaitu suatu keadaan saat kondisi alat kelamin pria tidak dapat ereksi ataupun menjaga ketahanan kondisi ereksinya. Sebenarnya, belum ada patokan secara spesifik berapa lama durasi waktu ereksi yang termasuk kategori normal. Hal seperti ini akan sangat tergantung terhadap tingkat kepuasan dari masing-masing pasangannya.



Gangguan seperti ini sering dianggap menjadi hal yang tabu. Alhasil, sangat banyak pria ataupun pasangan yang segan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis apabila sedang mengalami hal seperti ini. Padahal, masalah disfungsi ereksi memiliki hubungan dengan masalah seksual pada pria lainnya. Misalnya seperti ejakulasi dini maupun penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual.

Penyebab Disfungsi Ereksi
Disfungsi ereksi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang sangat sering menjadi penyebab masalah faktor psikologis, yaitu kurangnya kadar hormon reproduksi, adanya gangguan yang terjadi pada penis maupun organ bagian reproduksi pria, dan ditemukan penyakit lain yang memiliki kaitannya dengan penyakit disfungsi ereksi.

Faktor psikologis yang bisa menjadi pemicu terjadinya masalah penyakit disfungsi ereksi yaitu akibat konflik dengan pasangan, pengalaman traumatis ketika melakukan hubungan seksual, tidak tertarik pasangan seksual, depresi, perasaan cemas, adanya stres psikologis, maupun gangguan kejiwaan lainnya.

Terdapat beberapa penyakit yang memiliki kaitan erat dengan penyakit disfungsi ereksi, misalnya penyakit hipertensi, depresi, diabetes, penyakit jantung, penyakit prostat, maupun riwayat operasi (khususnya operasi di bagian penis).

Beberapa jenis dari obat-obatan bisa menjadi pemicu masalah penyakit disfungsi ereksi. Selain itu, kebiasaan merokok ataupun kelebihan berat badan, minum alkohol, maupun kurang olahraga termasuk faktor risiko terjadinya masalah penyakit disfungsi ereksi.

Gejala Disfungsi Ereksi
Gejala-gejala masalah penyakit disfungsi ereksi secara spesifik yaitu:
  • Alat kelamin sulit mengalami ereksi
  • Alat kelamin sulit dimasukkan ke bagian dalam vagina akibat kurang keras
  • Penis tidak bisa mempertahankan kondisi ereksi sampai istri meraih orgasme
  • Penis mengalami masalah ejakulasi yang terlalu cepat atau tidak akan mengalami kondisi ejakulasi akibat tidak bisa ereksi

Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang memiliki hubungan dengan maslaah disfungsi ereksi, misalnya bentuk penis tidak normal, ukuran penis yang kecil, gangguan psikologis (yakni rasa cemas maupun depresi), serta tekanan darah tinggi.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya