Penyebab Masalah Diabetes Melitus Tipe I (Diabetes Juvenile) dan Akibatnya

Pengertian Diabetes Juvenile

Diabetes adalah suatu kondisi mengenai kadar gula yang ada di darah tubuh dengan kondisi lebih tinggi dari kondisi yang seharusnya karena adanya kekurangan insulin. Diabetes juvenile (diabetes melitus tipe I) yaitu suatu kondisi penyakit diabetes melitus yang telah terjadi di usia anak-anak karena pankreas (yakni organ yang ada di dalam tubuh berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin) tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang sebagaimana mestinya.

Penyebab Diabetes Juvenile
Saat keadaan normal, dan ketika makan, maka kondisi di dalam tubuh akan melakukan pemecahan makanan yang akan dikonsumsi. Hal ini akan dipecah menjadi glukosa kemudian akan diserap usus jadi gula darah. Ketika gula darah telah meningkat secara signifikan, maka organ pankreas akan segera mengeluarkan hormon insulin yang dapat mengantarkan kandungan gula darah ke seluruh sel di dalam tubuh agar dapat diubah jadi sumber energi.


Pada penyakit diabetes juvenile, maka urutan mekanisme tidak dapat terjadi. Hal ini karena ditemukannya gangguan pada sistem imun tubuh yang dapat menyebabkan organ pankreas menjadi rusak serta tidak akan mampu kembali menghasilkan hormon insulin. Karena ketidakmampuan dalam menghasilkan hormon insulin, maka kandungan gula akan terus tertumpuk di dalam darah serta tidak bisa masuk menuju sel di dalam tubuh.

Sampai sekarang ini, untuk penyebab masalah penyakit diabetes juvenile masih belum diketahui pasti. Akan tetapi diduga terdapat faktor genetik yang dapat mempengaruhi terjadinya masalah diabetes terhadap anak-anak. Penyakit seperti ini tidaklah penyakit menurun yang terjadi lewat orang tua ke anak.


Diagnosis Diabetes Juvenile
Untuk dapat memastikan masalah penyakit diabetes, maka dokter dapat melakukan terkait pemeriksaan darah. Hal ini seperti pemeriksaan mengenai gula darah puasa serta kadar gula darah dua jam sesudah makan. Kadar gula darah yang tinggi di dalam darah dapat memastikan ditemukannya diabetes.
Untuk dapat memastikan bahwa masalah diabetes yaitu penyakit diabetes juvenile, harus dilakukan pemeriksaan mengenai kadar C-peptida dari darah. Kadar C-peptida yang telah rendah dan memastikan bahwa masalah diabetes yang sedang dialami merupakan masalah diabetes juvenile.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya