Penyebab Gejala Nyeri Pada Bagian Ulu Hati dan Cara Penyembuhannya [Terlengkap]

Pengertian Dispepsia

Rasa nyeri di bagian ulu hati ataupun penyakit dispepsia adalah suatu gangguan yang menyerang area perut di bagian tengah. Gangguan seperti dapat menimbulkan beberapa gejala seperti rasa nyeri di bagian mual, ulu hati, kembung, muntah, atau sebagainya. Rasa nyeri bisa hilang timbul, namun umumnya akan terjadi yang terus-menurus.


Dispepsia dapat menjadi suatu tanda ditemukannya masalah serius. Misalnya karena terjadinya penyakit radang yang sangat parah di bagian lambung atau akibat kanker lambung. Karena itu, untuk penanganan yang dilakukan secara dini serta penanganan yang tepat sangat dibutuhkan.
Komplikasi serius yang terjadi di nyeri ulu hati ataupun penyakit dispepsia sesungguhnya sangat jarang terjadi. Hanya saja, apabila tidak diatasi dengan segera maka bisa menimbulkan kondisi luka yang dalam di bagian lambung ataupun melebar. Kondisi yang terjadi akan tergantung dengan berapa lama kondisi lambung telah terpapar akibat asam lambung. Namun hal ini dapat dipastikan bahwa untuk masalah komplikasi yang terjadi dapat berakibat fatal. Hal ini si penderita akan terancam terkena penyakit kanker lambung.


Diagnosis Dispepsia
Pemeriksaan tambahan lainnya yang disarankan agar dapat mendiagnosis mengenai rasa nyeri yang terjadi di bagian ulu hati ataupun penyakit dispepsia. Hal ini sangat bergantung dengan kecurigaan dari dokter mengenai arah diagnosis. Sebagai contoh, jika kecurigaan dokter ke mengarah terhadap kerusakan pada dinding lambung bisa dilakukan dengan dilakukan pemeriksaan tinja. Akan tetapi, jika kecurigaan yang mengarah terhadap penyakit batu empedu ataupun karena adanya kelainan kantong empedu maupun penyakit hati. Maka hal ini bisa dilakukan dengan cara dilakukan pemeriksaan terhadap fungsi hati maupun USG.
Dokter akan sangat menyarankan agar dapat dilakukan pemeriksaan organ pada bagian dalam memakai endoskop. Apabila pasien masih mengalami rasa nyeri sesudah diberikan resep obat selama durasi 8 minggu, maka segera hubungi dokter.


Gejala Dispepsia
Beberapa gejala yang pasien rasakan ketika mengalami rasa nyeri bagian ulu hati ataupun penyakit dispepsia, yakni:
  • Rasa nyeri maupun rasa panas di bagian ulu hati
  • Rasa penuh di perut bagian atas... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya