Penyebab dan Gejala Penyakit di Usus dan Cara Penyembuhannya

Pengertian Divertikulitis

Divertikulitis yaitu suatu peradangan yang terjadi pada divertikula yang terdapat di saluran pencernaan. Divertikula yaitu adanya penonjolan abnormal yang terjadi di saluran pencernaan, sangat sering ditemuin di usus besar.


Kondisi seperti ini bisa berkembang. Hal ini bisa menjadi bentuk infeksi yang sangat serius ataupun radang minor. Komplikasi yang muncul yakni adanya perdarahan yang berasal dari usus besar, kondisi pecahnya bagian dinding pada organ usus besar, sampai usus menjadi tersumbat.
Penderita masalah penyakit diverticular, untuk beberapa bagian yang ditemukan di dinding usus besar sudah lemah. Bagian lemah ini datanya menggembung mirip kantung-kantung kecil. Bagian inilah yang nantinya bisa mengalami peradangan (yakni bengkak) serta terinfeksi.


Penyebab Divertikulitis
Penyebab terjadinya masalah penyakit divertikulitis hingga saat ini masih belum bisa diketahui dengan pasti. Akan tetapi diduga untuk kantung usus yang terbentuk saat ditemukan tekanan intralumen yang telah mendorong terhadap bagian yang sangat lemah yang ada di dinding usus besar.

Umumnya, untuk pola makan yang memiliki kandungan serat cukup akan menyebabkan kondisi sisa makanan yang cukup lunak. Sehingga bisa bergerak di sepanjang organ usus dengan cara yang mudah. Namun, saat konsumsi serat di dalam tubuh tidak banyak, maka untuk sisa makanan tersebut menjadi lebih keras serta diperlukan tekanan yang cukup besar agar dapat mengeluarkan sisa-sisa dari pencernaan tersebut.
Kantung usus bisa terbentuk saat adanya tekanan seperti ini yang meningkat serta telah mendorong titik lemah yang ada di usus. Jika kantung usus telah meradang ataupun terjadi terinfeksi, maka untuk kondisi hal tersebut dikenal dengan istilah divertikulitis


Diagnosis Divertikulitis
Diagnosis masalah divertikulitis dimulai dengan cara mencari informasi terkait gejala maupun tanda yang sedang dialami oleh pasien lewat serangkaian pemeriksaan ketika wawancara yang dilakukan secara medis. Selain itu, maka dokter akan pun melakukan langkah pemeriksaan secara fisik.

Beberapa langkah terkait diagnosis divertikulitis yaitu:
  • Wawancara medis. Untuk wawancara secara medis biasanya dijumpai ditemukan adanya keluhan rasa nyeri di organ perut maupun demam... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya