Penyakit Yang Sangat Sering Terjadi Pada Bagian Kulit Kepala

Pengertian Dermatitis Seboroik
Dermatitis seboroik yakni suatu penyakit kulit kronis. Hal ini ditendai dengan kondisi kulit yang tampak kering, mengelupas, serta berwarna merah. Penyakit seperti ini sangat umum terjadi serta untuk penampakannya sangat mirip serta memiliki hubungan dengan gangguan pada kulit misalnya psoriasis serta eksim.
Penyakit seperti ini bisa terjadi pada seluruh bagian pada tubuh. Akan tetapi umumnya akan sangat sering terjadi di bagian kulit yang sangat banyak memiliki kandungan kelenjar sebum (yakni minyak) misalnya bagian wajah, kulit kepala, dada maupun bagian punggung.



Penyakit seperti ini tidak akan menular serta tidak dapat memengaruhi terhadap kondisi kesehatan manusia secara umum. Akan tetapi, masalah penyakit dermatitis seperti ini akan mempengaruhi bentuk penampilan serta rasa gatal yang sangat sering menimbulkan kondisi yang tidak nyaman terhadap para penderita.

Ada 2 (dua) bentuk masalah penyakit dermatitis seboroik, yakni infantil (bayi) serta orang dewasa. Pada bayi, masalah seperti ini sangat sering terjadi terhadap usia di bawah 3 bulan serta dapat sembuh sendiri di usia sekitar 6–12 bulan. Dermatitis seboroik dewasa umumnya dapat mulai dengan kemunculannya di akhir usia remaja. Gangguan seperti ini sangat sering menyerang usia orang dewasa muda serta berusia lanjut usia. Penyakit ini pun sangat sering terjadi terhadap pria jika dibandingkan dengan wanita.


Diagnosis Dermatitis Seboroik
Penentuan mengenai diagnosis penyakit dermatitis seboroik akan kelihatan seperti bentuk ruam-ruam yang akan muncul. Pemeriksaan sampel serpihan pada organ kulit sangat sering tidak mencukupi dalam penentuan masalah diagnosis. Hal ini karena akan ditemukan jamur malassezia, yaitu flora normal kulit.

Biopsi kulit bisa membantu akan tetapi sangat jarang dibutuhkan. Kultur jamur yang bisa dilakukan dengan cara menghindari penyebab infeksi yang disebabkan karena jamur misalnya infeksi tinea capitis.


Gejala Dermatitis Seboroik
Terdapat banyak gejala penyakit dermatitis seboroik infantile yang bisa dikenali, seperti:
  • Cradle cap, seperti sisik yang telah menyebar serta mengandung minyak yang berwarna kuning ataupun berwarna kecoklatan yang ada di bagian kulit kepala misalnya topi.
  • Ruam yang menyebar sampai ke bagian lipatan ketiak serta bagian selangkangan misalnya ruam akibat popok.
  • Ditemukan bercak-bercak pulau yang kelihatan warna merah muda seperti salmon yang telah terkelupas ataupun mengelupas
  • Ruam umumnya tidak terasa gatal sehingga pada bayi tidak akan merasa kondisinya terganggu meskipun kondisi ruam terjadi di seluruh bagian tubuh... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya