Penyakit Kulit Yang Sangat Langka Terjadi, Tetapi Membekas Di Kulit

Pengertian Dermatitis Numularis

Dermatitis numularis adalah suatu kondisi penyakit kulit yang langka. Hal ini dapat ditandai dengan munculnya bercak yang memiliki bentuk seperti koin di bagian kulit. Penyakit ini biasanya adalah suatu kondisi terjadi untuk jangka panjang bisa berlangsung sampai beberapa tahun. Meskipun penyebab dari masalah dermatitis numularis hingga saat ini masih belum dapat diketahui dengan pasti. Maka kondisi masalah kulit seperti ini biasanya dapat diamati di individu yang mempunyai kondisi riwayat penyakit alergi, asma, maupun penyakit dermatitis atopik.
Dermatitis numularis sangat sering muncul karena adanya cedera di organ kulit, misalnya karena akibat luka bakar, baret, ataupun karena digigit serangga. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan pada satu bagian ataupun bagian lain bercak dengan kondisi berbentuk lesi mirip dengan bentuk koin. Hal ini bisa berlangsung sekitar beberapa bulan. Dermatitis numularis masih sangat sering terjadi terhadap pria jika dibandingkan dengan wanita.


Penyebab Dermatitis Numularis
Penyebab dari masalah dermatitis numularis hingga saat ini masih belum diketahui dengan pasti. Akan tetapi, sangat banyak orang yang mengalami masalah dermatitis numularis mempunyai riwayat penyakit alergi, asma, ataupun masalah penyakit dermatitis atopik, ataupun adanya riwayat anggota keluarga yang memiliki kondisi seperti itu. Orang dengan masalah penyakit dermatitis numularis biasanya mempunyai kulit yang sangat sensitif serta sangat mudah untuk mengalami iritasi.

Beberapa faktor yang diduga memiliki kontribusi dengan munculnya masalah dermatitis numularis, misalnya:
  • Perubahan suhu
  • Stres
  • Kulit kering
  • Iritan lingkungan, misalnya sabun, besi, serta zat kimia tertentu


Gejala Dermatitis Numularis
Bercak yang terjadi di kulit muncul pada masalah penyakit dermatitis numularis biasanya yang diawali dengan adanya bintik warna merah ukuran kecil serta kondisi luka seperti melepuh serta mengeluarkan cairan. Luka-luka seperti ini bisa terus tumbuh serta mirip bercak yang berbentuk dengan koin.

Tanda khas dari masalah penyakit dermatitis numularis yaitu adanya lesi yang memiliki bentuk seperti koin yang terjadi di kulit. Keluhan tersebut sangat sering terlihat di lengan ataupun bagian tungkai. Akan tetapi bisa menyebar ke seluruh tubuh serta tangan. Warna dari lesi bisa berwarna coklat, atau berwarna merah muda, ataupun berwarna merah.
Kadang-kadang, kondisi lesi bisa yang disertai dengan kondisi rasa gatal, terbakar, mengeluarkan suatu cairan yang disertai dengan krusta. Kulit yang berada di area lesi bisa mengalami warna kemerahan, krusta, ataupun terjadi peradangan.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya