Penyakit Kulit: Dermatitis Kontak Yang Terjadi Diluar Dugaan

Pengertian Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah suatu kondisi yang ditemukan kondisi ruam warna merah serta rasa gatal karena kontak secara langsung terhadap suatu benda. Ruam yang muncul tidak akan menular ataupun mengancam jiwa. akan tetapi hal tersebut bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan.


Banyak hal yang bisa menjadi penyebab keluhan tersebut. Benda tersebut seperti kosmetik, pewangi, perhiasan, sabun, ataupun tumbuhan. Untuk dapat mengatasi masalah dermatitis kontak secara baik, maka diperlukan identifikasi serta cara pencegahan yang tepat mengenai penyebabnya. Jika telah berhasil dilakukan pencegahan, maka ruam biasanya bisa diatasi dalam kurun waktu 2 (dua) sampai 4 (empat) minggu.


Penyebab Dermatitis Kontak
Dermatitis kontak bisa terjadi ketika kulit menunjukkan suatu reaksi terhadap masalah suatu hal. Hal ini dapat berupa:
  • Iritan. Yaitu zat yang dengan cara langsung dapat menimbulkan masalah kerusakan yang terjadi pada lapisan luar kulit.
  • Alergen. Yaitu zat yang dapat menyebabkan kondisi sistem daya tahan pada tubuh sebagai penunjuk respons yang dapat mempengaruhi kulit.

Dermatitis kontak iritan bisa muncul karena ekspos yang sangat sering dengan iritan lemah. Hal ini misalnya sabun atau deterjen. Akan tetapi, keluhan bisa muncul karena ada kontak langsung terhadap iritan yang sangat kuat dengan durasi waktu yang sangat singkat.

Beberapa jenis iritan yang sering terjadi yaitu sabun, antibakterial, deterjen, antiseptik, pewangi, jenis bahan pengawet yang ada di perlengkapan mandi maupun bahan kosmetik. Selain itu dapat disebabkan oleh disinfektan, air, semen, yang memiliki kandungan klorin, pemutih, dan pada beberapa jenis tumbuhan.

Dermatitis kontak alergik terjadi yang akibat dari zat tertentu (yakni alergen). Hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya suatu masalah reaksi di sistem daya tahan tubuh bagian kulit. Kondisi seperti ini biasanya akan mempengaruhi bagian yang telah mengalami kontak secara langsung terhadap alergen.
Aneka jenis alergen yang bisa menjadi penyebab masalah dermatitis kontak alergik yaitu berbahan dasar jenis kosmetik misalnya pengawet, pewangi, atau sebagainya. Alergen lainnya yaitu besi (misalnya nikel maupun kobalt yang ada di perhiasan), karet, termasuk lateks yang termasuk dari salah satu jenis berbahan karet natural, perekat kuat, pengobatan oles, bahan tekstil, dan beberapa jenis tumbuhan.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya