Penyakit Keturunan Ini Sangat Sulit Dicegah

Pengertian Dwarfisme

Dwarfisme yaitu suatu kondisi perawakan pendek yang terjadi akibat faktor genetik atau medis. Dwarfisme secara umum dapat didefinisikan kondisi tingginya orang dewasa setara dengan ataupun yang tingginya kurang dari 147 sentimeter (yakni sekitar 4 kaki 10 inci). Rata-rata untuk tinggi orang dewasa terhadap mereka yang kondisinya sedang mengalami masalah dwarfisme yaitu sekitar 122 sentimeter (4 kaki).


Banyak kondisi medis bisa menjadi penyebab masalah dwarfisme. Biasanya, kondisi yang bisa menjadi penyebab masalah dwarfisme dapat dibagi jadi 2 (dua) jenis yaitu:
  • Dwarfisme disproporsional. Yakni jika ukuran tubuh tidak sesuai dengan proporsional. Terdapat beberapa anggota tubuh yang kelihatan kecil serta beberapa anggota lainnya kelihatan sedang ataupun lebih dari kondisi ukuran rata-ratanya. Kondisi yang dapat menjadi penyebab dari masalah dwarfisme disproporsional yang mampu untuk menghambat perkembangan tulang.
Sebagian besar individu yang memiliki masalah dwarfisme akan mengalami suatu kondisi yang dapat membuat perawakan tubuhnya menjadi pendek secara disproporsional. Biasanya, ini merupakan perawakan dengan kondisi badan yang memiliki ukuran rata-rata, namun bagian lengan maupun bagian tungkai pendek. Pada kondisi seperti ini, kepala ikut kelihatan lebih besar secara disproporsional dengan kondisi bentuk tubuh.
  • Dwarfisme proporsional. Kategori tubuh yang termasuk kecil secara proporsional jika seluruh bagian anggota tubuh memiliki ukuran dengan kondisi derajat yang sama serta kelihatan seperti tubuh yang proporsional dengan bentuk ukuran yang kecil. Kondisi secara medis yang muncul ketika lahir atauoun yang berawal di usia anak-anak bisa membatasi masa pertumbuhan serta perkembangan yang sebelum telah mencapai titik pertumbuhan secara sepenuhnya.

Penyebab Dwarfisme
Sebagian besar dari kondisi masalah dwarfisme yang disebabkan akibat penyakit genetik. Akan tetapi, penyebab kondisi tersebut hingga saat ini masih belum bisa diketahui dengan pasti. Sering kali, kondisi penyakit yang dapat menyebabkan masalah dwarfisme terjadi karena adanya mutasi genetik di sel sperma ataupun sel telur ketika konsepsi.

Penyebab dari masing-masing kondisi yang telah menyebabkan masalah dwarfisme dapat dibahas yang lebih lanjut seperti berikut:
  • Akondroplasia. Sekitar 80% individu yang mengalami akondroplasia lahir lewat orang tua yang berisiko tinggi badan yang rata-rata. Mereka yang sedang mengalami masalah akondroplasia dengan sumber 2 (dua) orang tua yang... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya