Penyakit Dermatomiositis dan Cara Penyembuhannya [Terlengkap]

Pengertian Dermatomiositis
Dermatomiositis adalah suatu istilah yang sangat sering dipakai mengenai masalah penyakit yang terjadi terhadap otot atau miopati (yakni kelainan yang terjadi pada jaringan otot). Kondisi seperti ini dapat ditemukan adanya peradangan yang terjadi pada otot kronis serta kelemahan yang terjadi pada otot.
ssssssssss
Ciri khas dari penyakit seperti ini yaitu adanya ruam yang terjadi pada bagian kulit yang telah mengawali ataupun telah menyertai dari kelemahan yang ada pada otot.



Dermatomiositis bisa dialami oleh semua usia. Namun, biasanya terjadi terhadap orang dewasa yang berusia sekitar 40-an akhir sampai usia di awal 60-an, dan dapat terjadi terhadap usia anak-anak sekitar usia 5 hingga 15 tahun.

Keadaan seperti ini sangat umum dijumpai terhadap wanita dibandingkan dengan pria. Penyakit seperti ini tidak dapat disembuhkan, akan tetapi gejalanya bisa dikendalikan.


Penyebab Dermatomiositis
Penyebab dermatomiositis belum diketahui. Akan tetapi , diduga adanya peranan dari faktor genetik, terjadinya gangguan pada sistem imun, infeksi, maupun karena faktor lingkungan. Meskipun masalah dermatomiositis sangat jarang terjadi terhadap beberapa anggota terhadap suatu keluarga, maka bisa diperkirakan ditemukan beberapa faktor genetik yang dapat menjadikan seseorang akan berisiko terserang penyakit seperti ini.

Dari segi imunitas tubuh, maka diperkirakan mengenai kondisi seperti ini dapat dipengaruhi oleh adanya suatu sistem pada kekebalan tubuh yang telah menyerang sistem sel otot serta sistem pembuluh darah dengan cara tidak sengaja. Menurut American College of Rheumatology, mengenai teori seperti ini yang sangat banyak diterima oleh kalangan luas yaitu penyebab masalah dermatomiosis.
sssssssssss
Beberapa agen infeksi telah dipercaya mampu menjadi pemicu masalah dermatomiositis. Antara lain yaitu golongan virus seperti echovirus, virus Toxoplasma, Borellia, coxsackievirus, parvovirus, maupun beberapa jenis virus lainnya. Selain itu, untuk beberapa jenis obat diperkirakan juga mampu menjadi pemicu dari masalah penyakit ini. Seperti golongan interferon, vaksin BCG, statin, dan lainnya.


Diagnosis Dermatomiositis
Ada 5 (lima) kriteria yang dapat membantu dalam penetapan diagnosis masalah gangguan, yaitu..... (baca selengkapnya)

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya