Penyakit Demam Pada Anak Serta Cara Mengatasi Penyembuhannya

Pengertian Demam Pada Anak
Demam yang terjadi pada anak yaitu akibat adanya peningkatan terhadap suhu tubuh pada anak yang kondisinya berada di atas normal. Suhu normal rektal (anus) yang terjadi pada anak yang memiliki usia kurang dari 3 tahun yang bisa mencapai suhu pengukuran 38 °C, serta suhu normal yang terjadi di bagian mulut bisa mencapai suhu 37,5 °C.

Pada anak memiliki usia lebih dari sekitar 3 tahun. Suhu mulut yang mencapai suhu 37,2 °C serta untuk suhu rektal yang normal yang mencapai suhu 37,8 °C. Demam biasanya bukan suatu kondisi keadaan masalah gawat darurat, kecuali kondisi suhu tubuh mencapai ≥ 41 °C.


Diagnosis Demam Pada Anak
Diagnosis demam dapat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran terhadap suhu tubuh anak. Pengukuran suhu tubuh bisa dilakukan dengan tiga tempat, yakni aksilla (ketiak), rektal (anus), maupun bagian oral (mulut). Masing-masing area ini mempunyai batasan kondisi suhu tubuh yang normal.

Demam bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satu yang sangat umum yakni infeksi. Infeksi pada saluran napas ataupun saluran pencernaan butuh penelusuran terhadap kondisi anak yang masih mengalami demam. Sementara itu, untuk pemicu penyakit demam noninfeksi yang dapat meliputi kekurangan cairan serta masalah gangguan autoimun.


Gejala Demam Pada Anak
Demam bukanlah masalah terhadap suatu penyakit, melainkan suatu kondisi gejala dari kondisi sebuah gangguan masalah kesehatan ataupun masalah infeksi. Karena itu, jika anak mengalami demam, maka harus ditelusuri apakah mempunyai gejala lain yang menjadi penunjangnya.


Beberapa gejala yang harus diperhatikan yakni ditemukannya masalah batuk, sesak napas, bahkan kondisi diare. Apabila ditemukan gejala-gejala seperti ini, kemungkinan menjadi hal yang dapat menyebabkan demam terhadap anak.


Pengobatan Demam Pada Anak
Penanganan awal masalah demam dapat meliputi dengan pemberian obat antipiretik (yakni obat penurun panas). Tujuan dari pemberian jenis obat penurun panas yakni untuk dapat membuat anak menjadi lebih nyaman dan sekaligus memiliki fungsi untuk antinyeri.

Obat penurun panas yang biasanya diberikan kepada anak yang mengalami demam yakni obat parasetamol maupun ibuprofen.

Selain dengan memberikan obat jenis penurun panas, maka anak juga harus memperoleh obat yang tergantung dari kondisi penyebab demam anak. Misalnya, pengobatan untuk masalah pada infeksi saluran napas ataupun diare.


Pencegahan Demam Pada Anak
Pencegahan demam yang terjadi pada anak yakni dengan cara menjaga kondisi anak agar selalu tetap sehat. Jagalah kondisi sistem imunitas tubuh pada anak dengan cara memberikan makanan yang mengandung gizi, dan rawat kebersihan anak dengan memandikannya secara rutin, serta selalu membersihkan tangan anak dengan berkala. Hindari anak dari berbagai paparan anak lain yang kondisinya sedang sakit. Semua hal ini mampu menurunkan masalah kejadian infeksi yang terjadi terhadap anak.


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya