Inilah Penyakit Yang Kemungkinan Muncul Setelah Mencabut Gigi Geraham Bungsu

Pengertian Dry Socket
Dry socket (alveolar osteoitis) yaitu suatu kondisi rasa nyeri yang terjadi di gigi. Hal ini terjadi sesudah dilakukan pencabutan gigi permanen. Ini disebabkan akibat kerusakan dalam proses pembekuan darah. Akibatnya, kondisi lubang yang ada di tulang bekas dari gigi yang sudah dicabut terjadi kekosongan serta dapat menjadi pemicu masalah rasa nyeri.



Rasa nyeri umumnya muncul di hari 2-5 sesudah pencabutan dilakukan. Dapat menjalar sampai ke bagian leher, telinga, ataupun bagian kepala. Selain itu, untuk penderita penyakit dry socket biasanya akan mengalami bau mulut.

Diagnosis Dry Socket
Dokter akan mencurigai ditemukannya masalah dry socket jika seseorang sedang mengalami masalah rasa nyeri sesudah dilakukan pencabutan gigi. Untuk dapat mendiagnosis, maka dokter menanyakan terkait gejala lain, dan melakukan pemeriksaan terhadap mulut agar dapat melihat apakah ditemukan adanya pembekuan darah yang terjadi di bagian soket gigi maupun tulang yang sedang terbuka.

Pasien mungkin sangat disarankan agar dapat melakukan langkah pemeriksaan menggunakan sinar-X, agar dapat menyingkirkan kemungkinan munculnya penyakit lain. Misalnya infeksi tulang.


Gejala Dry Socket
Tanda maupun gejala yang muncul akibat dry socket yaitu:
  • Rasa sakit yang sangat hebat untuk beberapa hari sesudah pencabutan gigi
  • Pembengkakan pada area sekitar leher
  • Rasa tidak nyaman yang terjadi di lidah ataupun di dalam mulut
  • Terlihatnya tulang yang terjadi di lubang bekas pencabutan
  • Demam
  • Bau mulut


Pengobatan Dry Socket
Pengobatan masalah dry socket akan berfokus terhadap cara mengurangi gejala yang muncul, khususnya rasa nyeri. Terapi pengobatan bisa seperti penggunaan salep sampai obat-obatan jenis antinyeri.
Umumnya gejala dapat pulih secara perlahan-lahan sesudah diobati. Segera periksa dokter jika merasakan kondisi yang tidak membaik.


Penyebab Dry Socket
Beberapa hal di bawah ini yang diduga telah menjadi penyebab masalah dry socket, yaitu:
  • Soket terkontaminasi bakteri
  • Trauma tulang maupun jaringan yang sangat parah yang terjadi di lokasi pembedahan gigi akibat pencabutan gigi yang sangat sulit
  • Ditemukan kondisi tulang yang tersisa di bagian luka sesudah operasi gigi... baca selengkapnya)



BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya