Inilah Akibatnya Jika Mengabaikan Penyakit Tipes atau Penyakit Demam Tifoid

Pengertian Penyakit Tipes
Demam tifoid (Penyakit Tipes) yakni suatu penyakit akibat infeksi dari bakteri Salmonella typhi. Demam ini biasanya menyerang para penderita dengan kelompok berusia sekitar 5 tahun hingga 30 tahun. Masa inkubasi untuk bakteri biasanya bervariasi, yang dimulai 3 hari sampai 60 hari.

Sampai saat ini, untuk masalah tipes masih jadi masalah terhadap kesehatan terhadap berbagai negara. Terutama di wilayah negara yang sedang berkembang. Di Indonesia, untuk angka penderita tipes masih tinggi, serta masalah ini berhubungan dengan tingkat kebersihan dari lingkungan maupun sanitasi yang masih belum memadai.




Penyebab Penyakit Tipes
Penyebab tipes akibat dari bakteri Salmonella typhi. Untuk sebagian kecil bisa diakibatkan dari Salmonella paratyphi A, B, maupun C.

Penyakit Tipes (Demam Tifoid) sendiri bisa ditularkan dengan cara fekal-oral. Cara ini merupakan penyebab yang terjadi dari kotoran ke mulut. Hal ini bisa terjadi jika kuman yang berasal dari kotoran yang diangkut lalat. Kemudian lalat meninggalkan kotoran itu di makanan.

Oleh sebab itu, maka masalah kebersihan pada lingkungan sangat memegang peran terpenting terkait penularan demam tifoid. Sangat disarankan agar tidak mengonsumsi jenis makanan yang telah diduga tercemar dengan tingkat kebersihannya juga harus dipertanyakan.


Gejala Penyakit Tipes
Gejala penyakit tipes bervariasi dan sangat luas. Biasanya, seseorang yang telah dicurigai terserang tipes jika sedang mengalami demam yang durasinya sekitar 7 hari. Serta demam ini tidak akan mereda setelah mengonsumsi obat penurun panas. Demam bisa semakin tinggi dengan bertahap setiap harinya. Bahkan jika tidak segera ditangani, maka bisa berlangsung sampai 3 minggu.

Keluhan lain yang menyertai demam seperti:
  • Rasa lemah
  • Nyeri kepala
  • Nyeri pada persendian
  • Nyeri pada otot-otot tubuh
  • Perut terasa kembung atau nyeri
  • Diare atau sulit buang air besar
  • Mual dan muntah
  • Batuk
  • Tampak gelisah

Jika tidak ditangani segera, maka demam tifoid bisa menimbulkan masalah komplikasi. Hal ini terjadi terhadap sistem saluran pencernaan, jantung, hati, maupun pada sistem persarafan.... (baca selengkapnya)


BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya