Mengaktifkan telnet pada Windows 7

Telnet merupakan suatu protokol client-server yang dapat memberikan akses remote (jarak jauh) agar dapat saling terhubung untuk login dengan komputer tertentu dalam sebuah jaringan. Telnet (TN) ini juga dapat diartikan sebagai virtual atau emulasi terminal yang memakai protokol tersebut dengan tujuan yang sama yaitu untuk memberikan akses komputer tujuan secara remote. Telnet pada umumnya dipakai untuk dapat login (mengakses) ke komputer lain pada jaringan Internet. Selain daripada itu, agar dapat mengakses berbagai jenis fasilitas layanan umum yang terhubung dengan jaringan internet, termasuk juga katalog database dan perpustakaan atau pun kebutuhan lainnya.
Penyebab tidak dapat telnet salah satunya yaitu terdapat adanya fitur telnet pada windows yang tidak aktif. Jika secara default pabrikan, telnet pada windows 7 memang tidak aktif. Berikut ini terdapat langkah-langkah untuk mengaktifkan telnet.
- Start
- Control Panel
- Program
- Program and Features
- Turn windows features on or off
- Telnet client dan telnet server

Detail tampilan langkah-langkah diatas sebagai berikut :


Langkah 1: Klik Start kemudian pilih Control Panel

Langkah 2: pilih program

Langkah 3: pilih Program and Features

Langkah 4: klik Turn windows features on or off. Apabila muncul jendela baru, maka klik ok.

Langkah 5: berikanlah tanda centang pada kotak telnet client dan kotak telnet server, atau apabila hanya sebagai client: telnet server tidak perlu diberi tanda centang.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya