Cara Menghapus Virus Shortcut Dari USB Flashdisk Dengan Perintah CMD Tanpa Antivirus

Dalam pikiran kita, pasti terlintas mengenai USB Drive / Flashdisk yang telah digunakan pada komputer fasilitas publik seperti di sekolah, kantor, warnet dan sebagai nya pasti sangat mudah tertular atau terkontaminasi oleh virus shortcut yang terdapat pada komputer tersebut.
 
Sebuah contoh yang paling sering terjadi yaitu flashdisk yang kita miliki selesai dicolok di komputer milik fasilitas publik dapat dipastikan 98% akan terjangkit minimum virus shortcut yang virus ini menciptakan sebanyak-banyak shortcut folder yang tidak diinginkan pada USB Flashdisk kita.

Telah kita ketahui bersama bahwa Virus shortcut tersebut dengan cara cerdas untuk sementara dapat menyebabkan file-file penting yang terdapat di flashdisk tersebut menjadi tersembunyi (hidden), menghalangi atau bahkan mencegah kita untuk mendapatkan hak akses file penting tersebut. Sungguh tidak menyenangkan, bukan?

Virus shortcut seperti ini pada umumnya akan membuat shortcut berbentuk folder. Jadi apabila kita melihat file shortcut demikian seperti itu di komputer / USB Flashdisk Anda, kemungkinan ini menjadi pertanda bahwa komputer / USB flashdisk Anda telah terkontaminasi virus shortcut yang buat emosi.

Oleh karena itu, di halaman ini akan dibahas langkah mudah untuk menghapus virus shortcut tersebut pada USB Drive flashdisk kalian dengan hanya menggunakan CMD. Mari dibaca hingga tuntas.

1. Bukalah jendela CMD (Command Prompt) dengan cara menekan Windows + R kemudian ketiklah "CMD" dan tekan enter.
2. Sebagai contoh, apabila flashdisk kita berada di drive E: maka ketik e: pada jendela CMD.
3. Setelah itu, masukkanlah perintah di bawah berikut ini pada jendela CMD:

attrib e:*.* /d /s -h -r -s

 

Dan tunggulah beberapa saat hingga CMD menyelesaikan perintah yang kita ketikkan tersebut. Setelah selesai, maka virus shortcut tersebut akan terhapus dari USB Flashdisk yang Anda miliki.

PERHATIAN:
Langkah ini tidak efektif apabila jika dari awal komputer Anda memang sudah terjangkit virus shortcut, oleh karena itu setelah dicabut FD Anda, kemudian Anda colok kembali FD ke komputer yang telah terjangkit virus ini, maka dengan otomatis FD Anda akan tertular kembali oleh virus shorcut ini.

Dengan demikian langkah di atas dapat menghapus Virus Shortcut dari USB Flashdisk Anda dengan menggunakan perintah CMD.
Semoga artikel di halaman ini bermanfaat bagi Anda.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya