Cara Membuat Hotspot Wifi Dari Laptop/PC Windows 10 Tanpa Software Bantuan

CATATAN:
Perlu diperhatikan dan pastikan bahwa sebelum Anda memulai langkah berikut ini, maka Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki laptop atau pun PC yang telah terdapat jaringan WiFi dan memiliki fasilitas hardware WiFi.

Pada halaman ini, kita akan membahas bagaimana cara agar dapat membuat hotspot WiFi di perangkat laptop atau PC untuk Windows 10 tanpa bantuan software. Seperti yang telah diketahui bahwa untuk dapat membuat WiFi Hotspot dimulai dari Windows 8, 8.1 dan 10 telah dihapus oleh pihak pengembang windows. Mungkin hal ini dihapus bertujuan untuk meringankan performa kinerja dari windows tersebut.

Padahal kita sama-sama meyakini bahwa untuk jaringan hotspot WiFi ini benar-benar sangatlah dibutuhkan, tidak hanya untuk keperluan berbagi file data (file sharing) akan tetapi juga dibutuhkan untuk Anda yang ingin bermain permainan secara multiplayer dengan menggunakan jaringan LAN, contohnya seperti permainan (NFS,
Counter Strike, DoTA dan sebagainya).

Oleh sebab itu, di halaman ini akan kita bahas sebuah cara yang sudah populer secara sederhana kepada kalian untuk membuat hotspot WiFi di Windows 8, 8.1 dan Windows 10.


1. Pertama, Buka CMD. Cara nya, tekan tombol Windows + X pada keyboard lalu pilih Command prompt (Admin) dari menu pop-up.
2. Lanjut ke cara membuat jaringan WiFi Hotspot. Cara nya, masukkan perintah berikut dan tekan tombol Enter :

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=dewa.one key=password
CATATAN:
SSID adalah nama koneksi WiFi. KEY adalah kata sandi. kalian bisa mengubah nama nya sesuai keinginan kalian

3. Selanjutnya ketik perintah berikut untuk memulai Hotspot WiFi dan tekan tombol Enter :

netsh wlan start hostednetwork

4. Hotspot WiFi seharusnya sudah aktif dan dapat digunakan. Kalian dapat memeriksa statusnya di Network and Sharing Center yang terdapat di Control Panel.
5. Sekarang kalian dapat menghubungkan perangkat kalian ke hotspot dengan menggunakan koneksi WiFi yang sama.
6. Anda dapat mematikan hotspot saat sudah tidak digunakan. Cara nya, ketik perintah berikut dan tekan tombol Enter:

netsh wlan stop hostednetwork

Semoga langkah-langkah di atas dapat menjadikan laptop Anda menjadi hotspot. Perlu diketahui juga hal ini dapat memperkuat sinyal perantara dari wifi sumber. Misalnya Anda berada sekitar 60M, sementara jarak maksimum jangkauan wifi sumber mencapat 50M, maka cukup meletakkan laptop dengan langkah di atas, dan diletakkan pada lokasi jarak 45M. Hal ini telah dicoba dan berhasil, semoga Anda juga berhasil. Terima kasih.

BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA

Halaman Berikutnya